Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Mansel Saat menggelar pertemuan di kantor Sementara yang ada di Kampung waroser oransbari

DPRD Mansel Siap Kerja Sama dengan Tim Ekspedisi NKRI

MANSEL, CAHAYAPAPUA.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manokwari Selatan siap bekerja sama dengan Tim Ekspedisi NKRI untuk mendorong peningkatkan kualitas pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah ini.    

Ketua Fraksi Nusantara DPRD Manokwari Selatan, Syamsul Sami, beberapa waktu lalu berharap, hasil penelitian yang dilakukan tim ekspedisi bisa menjadi acuan kerangka program pembangunan Manokwari Selatyan kedepan.

“Sesuai dengan tujuannya maka hasil penelitian ini sangat bagus untuk kita jadikan acuan kerangka Program pembangunan jangka panjang, kami berharap hasilnya nanti juga bisa kami peroleh,” katab dia.

Politisi Partai Nasional Demokrat ini menilai, meskipun data tersebut nantinya akan dilaporkan langsung ke Kementerian, namun tidak ada salahnya tim dan pemerintah daerah bekerja sama untuk mendorong kelanjutan hasil Ekspedisi untuk di tindak lanjuti oleh pemerintah pusat

Menurutnya bukan hanya daerah kabupaten mansel yang menjadi sasaran penelitian, namun kegiatan tersebut dilakukan diseluruh wilayah di Provinsi Papua Barat.

“Saya pikir, bila tim ekspedisi dan pemerintah daerah bersama-sama mendorong hasil penelitian ini akan mendapat dukungan yang cepat pula untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat,” kata dia lagi.

Ia tak ingin, hasil penelitian tim ekspedisi hanya menjadi arsip, melaikan ditindaklanjuti dalam sebuah program kerja. Hal ini perlu menjadi perhatian, masyarakat di daerah ini sudah trauma dengan kegiatan pendataan.

Syamsul kuatir hasil penelitiaan tidak ditindak lanjuti, akan berdampak buruk terhadap pemikiran masyarakat. “Mereka sudah sering kecewa akibat tidak adanya tindak lanjut dari kegiatan pendataan, baik itu yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta. Hal ini yang sekarang membuat masyarakat disini sudah sedikit tertutup,” ungkapnya. |SOETANTO | EDITOR : TOYIBAN