Kapal Jenis Spedboat Bantuan Kementerian Desa. Kapal ini Akan Menghubungkan Distrik-distrik Pesisir ke Wasior

Wondama Dapat Bantuan Kapal dari Kementerian Desa

WASIOR, CAHAYAPAPUA.com-Pemkab Teluk Wondama mendapat bantuan satu unit kapal  dari Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kapal jenis speedboat berkapasitas 20 orang penumpang telah tiba di pelabuhan Kuri Pasai Wasior, Sabtu (13/2) diterima oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Asser Waroy.

Kapal yang diberi nama KM. Sasar Wondama 2 itu selanjutnya difungsikan sebagai angkutan orang dan barang terutama untuk wilayah pesisir yang selama ini sulit dijangkau kapal-kapal berukuran besar.

“Kapal ini dimaksudkan untuk membantu membuka isolasi daerah tertinggal yang selama ini masih sulit dijangkau,” kata Asser. Selain menyinggahi wilayah terpencil di Wondama, kapal ini juga menyinggahi sejumlah pelabuhan rakyat di Kabupaten Manokwari Selatan.

Soal tarif kapal, menurut Asser masih akan diatur lebih lanjut. Namun, dia memastikan harga tiket akan lebih murah dari kapal penumpang swasta.

“Yang jelas pasti ada biaya tiket untuk operasional kapal ini. Kita akan atur tarif kapal ini dalam suatu peraturan supaya ada dasar hukumnya. Itu masih dalam penggodokan,” timpal mantan Kepala Bagian Otonomi Daerah ini. (BRV)