Kepala Bappeda Kabupaten Manokwari, Johan Warijo

Pemkab Manokwari Defisit Ratusan Miliar

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Kepala Bappeda Kabupaten Manokwari, Johan Warijo membenarkan defisit yang terjadi di Pemerintah Kabupaten Manokwari hingga ratusan miliar rupiah. Meskipun Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Manokwari tahun 2015 mengalami peningkatan.

Defisit disebabkan karena beban hutang Pemda di Bank Papua dan juga dikurangi pos dana terutang, dan alokasi dana kampung.

Ia juga membenarkan, defisit yang terjadi saat ini membuat setiap SKPD harus memangkas anggarannya di beberapa kegiatan yang dianggap kurang prioritas untuk dilakukan.

“Jika kita kumpulkan semua dana dan di bandingkan dengan program yang ada maka terjadi devisit sekitar Rp 159 miliar, sehingga untuk mencocokannya terpaksa harus membuang program yang kurang prioritas, karena permasalahan anggaran yang tersedia,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, adanya peningkatan pendapatan daerah yang dihasilkan dari beberapa sumber, di antaranya dari dana alokasi khusus, dana alokasi umum, dana otonomi khusus (Otsus) dan dana pendapatan asli daerah yang jika ditotal mencapai Rp 1,26 triliun. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM