Kepala Bagian Pemerintahan, Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Setda Papua Barat, DR. Baisara Wael.

Hari Ini Gubernur Lantik Lima Pasangan Bupati/Wabup

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Hari ini, Rabu (17/2/2016) Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi akan melantik lima pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pilkada serentak pada 9 Desember 2015 lalu.

Kelima bupati dan wakil bupati yang akan dilantik di Auditorium Gedung PKK Provinsi Papua Barat itu yakni Demas Paulus Mandacan-Edi Budoyo (Manokwari), Yosias Saroy-Marinus Mandacan (Pegunungan Arfak), Markus Waran-Wempy Rengkung (Manokwari Selatan), Abdul Faris Umlati dan Manuel Piter Urbinas (Raja Ampat) dan pasangan Bernadus A. Imburi-Paulus Y. Indubri (Teluk Wondama).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Setda Papua Barat, DR. Baisara Wael menyatakan, Menteri Dalam Negeri telah menerbitkan SK Bupati untuk lima kabupaten dari sembilan kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2015 lalu.

“Sesuai jadwal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahap pertama, 17 Februari, Gubernur Papua Barat akan mulai melakukan pelantikan bupati-wakil bupati terpilih hasill Pilkada 9 Desember,” ungkap Baesara di kantor Gubernur Papua Barat, Basecamp arfai.

Menurutnya, langkah persiapan pelantikan telah dilakukan, dengan melakukan rapat koordinasi antara Biro Pemerintahan dan Otda Papua Barat bersama perwakilan pemerintah daerah dari empat kabupaten, sementara yakni Kabupaten Raja Ampat tidak sempat hadir dan menyatakan akan menerima hasil rapat persiapan pelantikan.

Hadir pada rapat yang dipimpinnya, Senin lalu di ruang rapat Biro Perlengkapan Setda Papua Barat yakni, Sekda yang juga Plh Bupati Manokwari,Drs F.H.Lalenoh, Asisten I Setda Kabupaten Manokwari Selatan, serta wakil dari Pemkab Pegaf dan Teluk Wondama.

Utusan perwakilan pemerintah kabupaten Raja Ampat berhalangan hadir. “Karena Raja Ampat jauh, maka mereka tidak sempat hadir,namun keputusan rapat akan dilaksanakan,’’ ujarnya.

Pelantikan kata Baesara akan berlangsung pukul 14.00 WIT. Penetapan waktu dan tempat pelantikan ini, atas petunjuk Gubernur Papua Barat.
Baesara menuturkan, persiapan pelantikan, pihaknya hanya bertugas mempersiapkan administrasi mulai dari berita acara hasil Pilkada,tata naskah dinas hingga undangan.

Sementara, kesiapan seragam dan atribut yang akan digunakan pada prosesi pelantikan akan disiapkan oleh pasangan bupati.
Tamu undangan yang akan menghadiri prosesi pelantikan akan dibatasi jumlahnya sesuai daya tampung ruangan. Ia berharap masyarakat dari lima kabupaten ini dapat memahami keterbatasan daya tampung ruangan, sehingga tidak menimbulkan keributan karena ingin menyaksikan secara langsung prosesi pelantikan.

“Yang pasti tidak semua masyarakat yang hadir masuk ke ruangan. Mungkin yang bisa masuk ke ruangan hanya DPRD,Forkopimda,pimpinan SKPD dan tamu undangan lainnya,’’ ujarnya.

Ia juga berharap, paskah pelantikan, masing-masing Bupati dan Wakil Bupati dapat melaksanakan prosesi serah terima jabatan yang akan disaksikan oleh pejabat Pemprov Papua Barat.

“Kita harapkan sertijab ini dapat dilaksanakan dalam waktu tidak terlalu lama. Karena begitu pejabat dilantik, langsung melaksanakan tugas,’’ imbuhnya.
Saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan administrasi pengusulan pelantikan bupati dan wakil bupati Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Sorong Selatan.

Usulan itu disampaikan langsung kepada KPU Provinsi Papua Barat, karena hingga kini, DPRD di dua kabupaten itu belum menggelar sidang paripurna pengesahan jabatan bupati terpilih.

“Karena DPRD kabupaten belum melaksanakan paripurna maka ditempuh jalur KPU. Ada aturan memungkinkan seperti itu. Ini agenda nasional dan harus berjalan. Kita prinsipnya menerima dokumen dan mengirimkan ke Mendagri untuk ditetapkan dengan surat keputusan,’’ tuturnya.

Sementara dua kabupaten yang hingga kini masi menempuh jalur hukum, atas sengketa hasil pilkada ditingkat Mahkamah Konstitusi, yakni Pilkada Fakfak dan Teluk Bintuni.

“Kita masih menunggu putusan MK, kita jadwalkan, pelantikan bupati Fakfak, Teluk Bintuni akan dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Bupati-Wabup Kaimana dan Sorsel pada Maret mendatang,” tandas mantan Wakil Walikota Sorong ini. | RIZALDY|EDITOR : BUSTAM