Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy

Wagub Irene: Pembangunan Rel Kereta Api Prioritas Tahun Ini

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy, menyatakan prioritas program kementerian Perhubungan untuk Provinsi Papua Barat dan Papua tahun ini lebih diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur transportasi dan penyediaan sarana transportasi masal.

Prioritas pembangunan akses transportasi khusus Provinsi Papua Barat tahun ini akan memulai proses pembangunan trase (jalur) kereta api lintas Papua Barat.

“Pembangunan jalur kereta api lintas Papua Barat akan melalui jalur selatan dan utara wilayah Papua Barat, yakni akan diawali dari Manokwari, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, Maybrat, Sorong Selatan, Kabupaten Sorong dan Kota Sorong,” turur Wagub Irene.

Ia menyebutkan agenda Rapat Koordinasi (Rakor) antara menteri Ignasius Jonan bersama sejumlah Gubernur di kawasan Timur Indonesia, membahas agenda strategis kemenhub yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

“Kita rapat koordinasi dengan Pak Jonan (Menhub). Intinya membahas DIPA APBN Kemenhub Tahun 2016. Mengevaluasi usulan program anggaran 2016,’’ ujar Wagub kepada wartawan di Auditorium PKK di Arfai, usai menghadiri pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemprov Papua Barat, Senin (15/2/2016).

Anggaran program pembangunan trase kereta api, kata Wagub Irene, sepenuhnya dibebankan apada APBN. “Pembangunan rel kereta api ini dimulai tahun 2016. Adapun penganggaran dibebankan pada pemerintah pusat,” ujar Wagub Irene seraya berharap, proses pembangunan trase kereta api wilayah Papua Barat dapat terealisasi pada tahun ini.

Selain prioritas pembangunan trase perkeretaapian, Wagub Irene juga menyebutkan, kemenhub juga prioritaskan peningkatan akses transportasi darat, laut, dan udara.

Khusus prioritas transportasi darat, tahun ini, kemenhub akan menyerahkan bantuan Bus kepada semua kabupaten se Papua Barat sebagai moda transportasi umum, sebelumnya kemenhub telah menyerahkan bantuan Bus kepada Pemerintah Kota Sorong.

Sementara, untuk moda transportasi laut, kemenhub akan memberikan bantuan pengadaan kapal angkutan penumpang yang akan melayani trayek jalur utara di mulai dari Manokwari, Wondama, Nabire, Biak, Numfor.

Untuk trayek jalur selatan, kapal angkutan penumpang akan dimulai dari Manokwari, Sorong, Fakfak dan Kaimana.

Kemenhub lanjut, Wagub Irene, juga akan membantu menyediakan kapal-kapal patroli, untuk meningkatkan patroli perairan Papua Barat yang dianggap rawan terjadi pencurian ikan atau illegal fishing.

Sedangkan, transportasi udara, kemenhub tahun ini telah mengalokasikan anggaran untuk perluasan dan perpanjangan beberapa bandara dengan panjang 700-an menter, akan ditingkatkan menjadi 1.600 meter.

“Dengan perpanjangan landasan ini, maka pesawat lebih besar seperti ATR bisa mendarat. Ini diharapkan dapat menekan harga tiket dan dijangkau masyarakat,’’ tukasnya. |RIZALDY|EDITOR : BUSTAM