Calon bupati dan wakil bupati terpilih Raja Ampat Abdul Rafis Umlati dan Manuel Piter Urbinas saat tiba di Bandara Rendani Manokwari untuk mengikuti pelantikan besok.

Warga Raja Ampat Didorong Beri Dukungan Moral kepada Bupati Terpilih

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com — Warga kabupaten Raja Ampat didorong memberikan dukungan moral kepada calon kepala daerah Raja Ampat Abdul Rafis Umlati dan Manuel Piter Urbinas untuk memimpin kabupaten tersebut selama 5 tahun kedepan.

Pasangan calon bupati tersebut terpilih dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu dan akan dilantik di Manokwari oleh gubernur Papua Barat hari ini.

Ketua Jaringan Advokasi Masyarakat Lemah dan Peduli Demokrasi Raja Ampat Jamal Warwe mengatakan, dukungan moral diperlukan agar kepala daerah tersebut bisa menjalankan roda pemerintah dengan maksimal.

“Bapak bupati A. Faris Umlati tahu betul bahwa masyarakat Raja Ampat bukan sebagai objek dalam pembngun tapi sebagai subjek. Pelantikan ini menjadi suka cita masyarakat Raja Ampat atas kepemimpinan beliau yang pro rakyat,” kata Jamal di Manokwari kemarin.

Jamal mengatakan, Alfaris dan Urbinas telah menyiapkan agenda-agenda pembangunan yang sudah dilakukan dan belum dilakukan oleh bupati terdahulu dalam kepemimpinan mereka.

“Percaya atau tidak, program prioritas pembangunan yang pro rakyat telah disiapkan oleh bupati terpilih seperti gerakan pembangunan parawisata dan perikanan kelautan serta program masyarakat Raja Ampat sehat, Raja Ampat pintar dan sejahtera,” terang Jamal.

“Pelantikan hari ini akan menjadi akan menjadi legitimasi untuk keduanya menjalankan roda pemerintahan yang bersih, amanah, objektif, akuntabel dann profisional demi kemakmuran rakyak Raja Ampat,” sambung Jamal.

Raja Ampat mencapai luas 46.108 km2, terbagi dalam 10 distrik dan 86 kampung yang memiliki penduduk 30.374 jiwa (sensus penduduk 2004). Kawasan ini kaya sumberdaya alam baik di darat maupun laut. Kabupaten ini sangat terkenal dengan objek wisata bahari. |ADLU RAHARUSUN