Ketua dan Sekretaris DPD PDIP Papua Barat Yohana Watofa (kiri) dan Saleh Siknun dalam jumpa pers pembukaan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat.

Buka Pendaftaran, PDIP Jadikan Status OAP sebagai Syarat Utama

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Papua Barat menjadikan keaslian sebagai orang Papua (OAP) sebagai syarat utama dalam pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur yang telah dibuka secara resmi mulai hari ini.

“Kondisi di daerah dan aspek legalitas tentang persyaratan calon gubernur dan wakil gubernur mengharuskan orang asli Papua sehingga PDI Perjuangan tidak ingin salah menentukan arah dukungan politik,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan, Yohana Watofa, Selasa (16/2).

Ia mengatakan, syarat keaslian sebagai orang asli Papua merupakan pertimbangan utama PDI Perjuangan untuk menentukan dukungan partai kepada pasangan bakal calon yang akan diusung dalam Pilgub.

“Kita mempertimbangkan kondisi daerah dan asas legalitas. Nuansa politik tahun 2016 ini harus dilihat apakah ada perubahan Undang-Undang tentang pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” tambahnya.

PDIP membuka pendaftaran bukan hanya ditingkat DPD, tapi juga ditingkat Dewan Pengurus Cabang dan Dewan Pengurus Pusat. Pendaftaran berlangsung dari 17 – 21 Februari 2016. Untuk pengembalian formulir hingga 27 Februari.

Selain syarat keaslian sebagai orang asli Papua, PDIP juga akan mengukur tingkat elektabilitas tiap calon yang mendaftar melalui survei politik dengan lembaga survei independen.

“PDIP juga mewajibkan bakal calon yang lolos untuk mengikuti tes psikologi dan sekolah partai. Ini ditujukan sebagai bekal saat memenangkan Pilkada dan kelak memimpin pemerintahan,” kata Watofa. Tes psikologi akan bekerjasama dengan Himpunan Psikologi Indonesia.

Watofa menambahkan PDIP juga mengedepankan asas praduga tak bersalah kepada calon yang terkait masalah hukum. “Sepenjang hak politik bakal calon yang mendaftarkan tidak dicabut tetap bisa mendaftar. Ada bantuan hukum yang disiapkan partai,” pungkasnya.

Selain membuka peluang kepada kader non partai, PDIP secara internal juga telah menyiapkan sejumlah kadernya untuk bersaing dalam Pilgub. Mereka adalah Yohana Watofa, Sekretaris DPD PDIP Papua Barat Saleh Siknun, mantan ketua DPD PDIP Papua Barat Djimi Idjie dan Hengky Rumbiak. |RASYID FATAHUDIN