Pasangan Paulus Mandacan-Edy Budoyo (PADI) pada Bursa Pilkada Manokwari. (Facebook)

Resmi Jabat Bupati Manokwari, Duet PADI Mulai Kerja Pekan Depan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Paulus Demas Mandacan yang resmi menjabat sebagai Bupati Kabupaten Manokwari, terhitung sejak Rabu (17/2), menyatakan, akan memulai tugas perdananya sebagai bupati Manokwari dengan memimpin apel PNS lingkungan Pemda Manokwari, Senin (22/2) pekan depan.

Demas dan pasangannya Edy Budoyo, resmi menjabat sebagai bupati dan wakil bupati Manokwari periode 2016-2021 menggantikan pasangan Bastian Salabai dan Robert Hammar secara definitif setelah dilantik oleh Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi di Manokwari kemarin. Pasangan ini lolos sebagai kepala daerah terpilih setelah bersaing dengan 3 pasangan kandidat lainnya dalam Pilkada 9 Desember 2015.

Demas —sapaan akrab Demas Paulus Mandacan— mengatakan, selain memimpin apel perdana sebagai tanda dimulainya tugas dia sebagai bupati Manokwari, ia juga akan mempelajari kondisi pemerintahan dan keuangan Pemda Manokwari. Ini menurut Demas akan menjadi langkah pertamanya secara substansif.

Ia mengatakan, jika kondisi pemerintahan dan keuangan dirasa perlu diperbaiki ia akan langsung memperbaikinya secepat mungkin sebagai respon atas upaya meningkatkan layanan pemerintahan kepada masyarakat.

Masih soal keuangan, dirinya mengatakan, pemerintah Manokwari dibawah kepemimpinannya bersama Edy Bodoyo juga akan berupaya memperbaiki laporan keuangan pemda Manokwari yang empat kali berturut-turut mendapat penilaian disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan.

“Ini salah satu hal yang akan kami lakukan, terutama perubahan pembenahan manajemen Keuangan dan aset yang kami miliki,” tegas Demas kepada wartawan di gedung PKK perkantoran gubernur Papua Barat kemarin.

Dalam komitmen memperbaiki kinerja dan keuangan Pemda Manokwari, Demas menyatakan tentu akan melakukannya sesuai program yang telah disusun kepala daerah sebelumnya mengacu pada APBD 2016 yang telah ditetapkan. “Kalau untuk program kami nanti disusun pada APBD Perubahan dan APBD 2017,” tegasnya. |ADITH SETYAWAN