Harga daging sapi di pasar Remu, sebuah pasar terbesar di Kota Sorong, Papua Barat, mengalami kenaikan cukup tinggi. (Foto : economi okezone.com)

Daging Sapi di Kota Sorong Tembus Rp. 120 Per Kilo Gram

SORONG,CAHAYAPAPUA.com Harga daging sapi di pasar Remu, sebuah pasar terbesar di Kota Sorong, Papua Barat, mengalami kenaikan cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir. Dari Rp. 90 ribu per kilo gram, kini daging sapi per kilo menembus harga Rp. 120 ribu.

Dalam penelusuran di lapangan, warga menyebut kenaikan terjadi akibat naiknya harga jual potongan daging sapi di peternakan.

Akibat kenaikan ini, sejumlah pedagang pemilik warung makan yang menyajikan daging sapi sebagai menu utama ikut menyesuaikan kenaikan tersebut.

Daeng Ali, pemilik warung coto di daerah itu mengatakan sejak harga daging sapi naik ia telah mengurangi porsi daging sapi dalam satu mangkok coto kepada pelangan.

“Pelangan tahunya harga tetap sama jadi kita terpaksa kurangi porsi daging,” kata Ali di Pasar Remu, Rabu (17/2).

Dia mengatakan, tidak menutup kemungkinan pedagang lain yang menjual daging sapi sebagai menu utama memilih opsi lain untuk menghindari kerugian dengan cara menaikkan harga dagangan mereka.

Pedagang lain memilih cara berbeda untuk tetap bisa berjualan. Mutmainah misalnya. Pedagang Siomay ini mengatakan ia mengganti daging sapi dengan ikan sebagai akibat naiknya harga daging sapi.

Ali dan Muthmainah berharap Pemerintah Kota Sorong segera mengatasi persoalan naiknya harga daging sapi tersebut. |NASIR