Amus Atkana, Ketua KPU Papua Barat

KPU Belum Terima Informasi Soal Aturan Khusus Pilgub

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Amus Atkana mengaku telah menyampaikan usulan kepada KPU RI untuk menyiapkan satu peraturan khusus pada pelaksanaan pilkada gubernur 2017 mendatang.

“Saat rapimnas (rapat pimpinan nasional) KPU se-Indonesia di Kalimantan, kami telah meminta perlu ada peraturan di luar aturan yang ada. Perlu aturan khusus bagi daerah-daerah yang memiliki kekhususan,” kata Amus Atkana, Rabu (17/2/2016).

KPU RI telah merencanakan penyusunan aturan khusus terkait pelaksanaan pilkada di daerah-daerah khusus seperti, Aceh, Yogyakarta, Jakarta, Papua, dan Papua Barat.

“Puji Tuhan, kita harus menyambut baik dan mengapresiasi ini, karena sudah ada perhatian dari pemerintah pusat bagi daerah-daerah khusus. Dibuktikan dengan didorongnya regulasi khusus,” tuturnya.

Elemen pemerintah di daerah seperti, DPR Papua Barat dan Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat. Diminta ikut memberikan perhatiannya terhadap rencanan penyusunan regulasi yang sedang didorong oleh KPU RI.

Meski demikian, Amus mengemukakan hingga kini, KPU Provinsi Papua Barat belum mendapat informasi terkait rencana menerbitkan peraturan khusus dimaksud.

“Kami belum mendapat pemberitahuan. Tetapi, untuk syarat pencalonan pasangan calon di daerah-daerah khusus memang dibutuhkan satu aturan tersendiri,” ujarnya.

Amus menambahkan, telah mendengar adanya usulan yang disampaikan oleh DPRPB kepada pemerintah pusat terkait rancangan peraturan daerah khusus pilkada.

“Saya yakin, situasi yang terjadi di Papua Barat telah diketahui oleh pemerintah pusat. Semoga rencana ini bisa segera direalisasikan dalam segera,“ imbuhnya. |RASYID FATAHUDDIN|EDITOR : BUSTAM