Ilustrasi Universitas Negeri Papua

Pemilihan Rektor UNIPA Tunggu Kepastian Menteristekdikti

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com Pemilihan Rektor Universitas Papua (UNIPA) menunggu kepastian dari Kementerian Risert Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Diperkirakan, pemilihan dapat dilaksanakan antara 29 Februari hingga 14 Maret mendatang.

Ketua Penitia Pemilihan, Keliopas Krey mengatakan, Menteri sudah menerima surat pemberitahuan menyangkut pelaksanaan pemilihan rektor ini. Sata ini, pihaknya masih menunggu respon Menteri untuk melaksanakan pemilihan tersebut.

Dia menjelaskan, pemilihan rektor akan dilakukan dalam rapat tertutup senat Unipa yang akan dihadiri sebanyak 37 anggota senat yang memiliki hak suara dalam pemilihan tersebut.

Menurutnya pelaksanaan pemilihan tidak boleh lewat dari waktu yang sudah ditentukan, yakni dua bulan sebelum masa tugas rektor itu berakhir. Ia berharap, pemilihan ini dapat dilaksanakan paling lambat 14 Maret mendatang.

Sementera terkait kandidat yang akan bertarung pada pemilihan ini, ia menyebutkan, tiga bakal calon dipastikan siap maju. Mereka telah melalui proses verifikasi persyarat bakal calon yang dilaksanakan pada rapat senat Unipa sejak 4 Februari lalu.

“Dari 36 dosen yang memenuhi persyaratan, hanya tiga orang yang menyatakan kesedian, yakni Dr. Suriel Mofu, Dr. Jack Mansawai dan Dr. Faidiban Oktovianus,” kata Keliopas, Senin (17/2/2016).

Ia menyebutkan, tiga calon rektor, yang sudah ditetapkan itu, telah menyampaikan berkas program kerja sesuai aturan pemilihan ini. pihaknya sudah mendalami seluruh berkas tersebut. ketiganya dinilai sudah memenuhi kriteria- kriteria. Rencananya, Senin pekan depan, pihaknya akan mengantar tiga nama bakal calon serta program kerja masing-masing kepada Menteri.

Dia menambahkan, pemilihan rektor sesuai peraturan Menteri Risert dan Teknologi RI. Panitia pelaksana, tim penjaringan dan verifikasi, telah dibentuk sejak Desember 2015. |EDY MUSAHIDIN | EDITOR : TOYIBAN