Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, Hendrik Sembiring.

Operasional RS Pratama Warmare Tunggu Peralatan Medis

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, Hendrik Sembiring mengatakan bangunan Rumah Sakit Pratama atau yang dikenal sebagai Rumah Sakit Basaroh, telah siap digunakan, tinggal menunggu peralatan medis.

Hendrik mengatakan peralatan medis untuk melengkapi isi dalam RS tersebut berasal dari kementerian kesehatan. “Alatnya sudah ada, kami sedang menunggu didatangkan Jakarta ke Manokwari,” ujar Hendrik siang kemarin. Peralatan yang dimaksud Hendrik seperti peralatan operasi, Unit Gawat Darurat hingga peralatan rawat inap.

Selain itu, ia menambahkan, saat ini Dinkes tengah mengurus mobil ambulance untuk dipakai sebagai operasional rumah sakit, namun masih menunggu jawaban dari pemerintah pusat.

Menurut Hendrik rumah sakit itu baru bisa dioperasikan jika seluruh peralatan medisnya lengkap sehingga pelayanan yang diberikan dapat berjalan baik.

Soal tenaga medis, Hendrik mengungkap nantinya akan ditugaskan ada 4 dokter umum dan beberapa tenaga perawat termasuk tenaga laboratorium yang kini tengah di sekolahkan di Yogyakarta.

“Saya belum bisa pastikan kapan dioperasikan karena tergantung pada dana operasional juga, karena ini menyangkut kebutuhan pasien serta kebutuhan rumah sakit dalam melayani pasien,” tambah Hendrik.

Jika telah beroperasi, Hendrik mengatakan, rumah sakit tersebut menjadi yang terlengkap di Dataran Warmare dan Prafi Kampung. “Kami harapkan nanti yang resmikan adalah menteri kesehatan atau bupati Manokwari baru,” ujar dia menambahkan. |ADITH SETYAWAN