Pelaksana Tugas Bupati FM Lalenoh (kanan) menyerahkan tugas kepada Bupati Kabupaten Manokwari Demas Paulus Mandacan (kedua dari kiri) di kantor bupati Manokwari Sowi Gunung, Kamis (18/2).

Ratusan PNS Hadiri Serah Terima Jabatan Bupati Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemeritahan Kabupaten Manokwari, Kamis (18/2), menghadari serah terima jabatan bupati Kabupaten Manokwari dari Plt. FM Lalenoh kepada bupati terpilih Demas Paulus Mandacan di halaman kantor Bupati Manokwari Sowi Gunung.

FM Lalenoh menjabat sebagai pelaksana tugas bupati Manokwari sejak 7 Februari atas petunjuk Gubernur Papua Barat Abraham Atururi sementara Demas dilantik sebagai bupati Manokwari pada Rabu (17/2).

Serah terima jabatan yang juga dihadiri Wakil Bupati Manokwari Edy Budoyo tersebut, juga diisi dengan acara ramah tamah antar para PNS dengan kepala daerah terpilih.

Dihadapan para PNS Demas mengatakan perselisihan atau permusuhan selama masa pemilihan bupati dan wakil bupati pada 9 Desember 2015 lalu seharusnya sudah dilupakan. Saat ini, lanjutnya, adalah saat yang tepat untuk kembali menjalin tali persaudaraan membangun Manokwari.

“Saya minta kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil untuk mari kita bersatu singkirkan semua perbedaan, mari bangun kebersamaan, karena kita sekarang ada dalam satu wadah yakni abdi negara dan abdi masyarakat,” ujar Demas.

Menurut Demas, kebersamaan merupakan suatu landasan penting yang perlu dikokohkan terus-menerus sehingga semua sektor di lingkungan Pemda Manokwari dapat bekerjasama mewujudkan pembangunan yang lebih baik kedepan.

Sementara itu, Edi Budoyo menyatakan program yang telah disusun oleh pemerintahan sebelumnya diharapkan dapat berjalan efisien sesuai dengan tujuan program tersebut.

Ia juga berpesan agar para PNS meningatkan kedisiplinan. “Saya berharap seluruh pegawai meningkatkan disiplin, bekerja dengan hati, bukan dengan kekuasaan. Saya tidak ingin pegawai yang tidak bekerja tapi dapat gaji,” ujarnya.

Edy Budoyo mengatakan sebagai komitmen untuk meningkatkan disiplin PNS ia bersama bupati akan mulai memantau dan mengevaluasi kinerja PNS setiap hari termasuk mengamati pengelolaan keuangan. |ADITH SETYAWAN