Ilustrasi. Mobil Dinas Pemprov Papua Barat.

DPR Papua Barat Dukung Penataan Kendaraan Dinas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Ketua Komisi I DPR Papua Barat, Rudy F. Timisela menyatakan mendukung gebrakan Gubernur Papua Barat Abraham Atururi menata aset kendaraan dinas yang dikoleksi lebih dari satu oleh pejabatnya.

Rudy menuturkan, secara institusi dirinya selaku ketua komisi I DPR Papua Barat sangat respon dan mendukung sikap gubernur yang menyoroti sikap pejabat pemprov yang dinilai berlebihan.

“Selaku Ketua Komisi I DPR Papua Barat, saya sangat mendukung apa yang disoroti bapak gubernur terkait beberapa pejabat bahkan bendahara memiliki kendaraan dinas lebih dari satu,” kata Rudi, siang kemarin usai menghadiri serah terima jabatan Bupati Manokwari Selatan, di Lapangan Garuda Ransiki.

Ia menyatakan, sorotan gubernur belum lama ini dihadapan jajaran pejabat pemprov di Auditorium Gedung PKK, kompleks perkantoran basecamp, Arfai, itu menunjukan sikap tegas atas penyelenggaraan pemerintahan yang baik oleh bawahannya.

“Pernyataan beliau itu sepertinya sangat marah dengan ulah beberapa pejabat SKPD yang menggunakan kendaraan dinas tidak sesuai peruntukannya, bahkan ada yang memiliki kendaraan lebih dari satu. Malahan gubernur bilang ada bendahara yang miliki kendaraan dinas sebanyak empat unit,” ujar Rudi.

Untuk itu, ia meminta keseriusan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, segera melakukan pendataan dan inventarisir aset milik pemerintah provinsi Papua Barat, terutama aset kendaraan dinas. “Bagian aset harus segera mendata dan menginventarisir ada dimana mobil-mobil itu, dan segera dikembalikan” desak Rudi.

Ia mengingatkan pejabat SKPD agar tidak menggunakan penggunaan kendaraan dinas sebagai angkutan umum, atau pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan tugas-tugas mereka sebagai penyelenggaraan negara.

“Dan bagi SKPD-SKPD terkait, jangan pernah pikir itu mobil kalian, itu mobil untuk memperlancar proses-proses kerja di SKPD, bukan dibawa jadi taksi atau angkut semen, dan lain-lain, kita sudah lihat itu,” ketus Rudi.

Ia menyatakan, inventarisasi aset kendaraan dinas milik pemprov Papua Barat tidak hanya yang digunakan pejabat pemprov, tetapi kendaran dinas yang hingga kini masi digunakan oleh mantan anggota DPR Papua Barat juga masuk dalam daftar infentaris, sehingga penataannya bisa lebih jelas. | RIZALDY