Gunung Eman'Sir Kampung yang menyimpan cerita tentang Burung Garuda.

Alam Kaimana Lebih Indah Mengalahkan Raja Ampat

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.com– “Nama Kaimana sudah sangat familiar di telinga kita, karena ada lagunya senja indah Kaimana. Tetapi sebenarnya Kaimana ini punya banyak potensi yang bisa digali terutama di bidang pariwisata. Saya begitu tiba sempat berkeliling, ternyata alam Kaimana ini sangat indah mengalahkan Raja Ampat,” demikian diakui Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kaimana 8-9 Februari 2016 lalu.

Dikatakan, Kaimana tidak hanya memiliki senja yang indah, tetapi masih banyak potensi pariwisata yang belum dikenal oleh kalangan masyarakat. Untuk itu, kehadiran Tim dari Ekspedisi NKRI diharapkan mampu menggali dan memperkenalkan potensi pariwisata baru di Kabupaten Kaimana agar Kaimana lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Menurut Pangdam, Kabupaten Kaimana akan menjadi destinasi wisata baru di Tanah Papua jika Pemerintah Daerah mau mengembangkan potensi yang tersedia dan mempromosikan secara besar-besaran kepada masyarakat luas. Pangdam akui, beberapa tempat yang sempat dikunjunginya selama berada di Kaimana telah memberikan kesan bahwa alam Kaimana sangat berbeda dengan daerah lain dan jauh lebih indah dibanding Raja Ampat. “Percuma miliki potensi alam yang indah kalau tidak diperkenalkan kepada masyarakat luas,” tantangnya.

Kesempatan terpisah, Pemerintah Kabupaten Kaimana melalui Penjabat Bupati George Yarangga, A.Pi,MM juga berharap kehadiran Tim Ekspedisi NKRI di Kabupaten Kaimana bisa membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat memperkenalkan potensi pariwisata kepada pihak luar. “Kami berharap Tim Ekspedisi NKRI menjadi agen pariwisata Kabupaten Kaimana. Kehadiran Tim Ekspedisi NKRI harus membawa manfaat positifnya bagi daerah ini terutama di sektor pariwisata,” ujarnya. (ISA)