Bupati Kabupaten Sorong, Stepanus Malak

Stepanus Malak Siap Jika Rakyat Mendukung

SORONG, CAHAYAPAPUA.com-Bupati Kabupaten Sorong, Stepanus Malak mengatakan, apabila rakyat mendukungnya untuk mengikuti pencalonan sebagai Gubernur Papua Barat, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2017 mendatang, maka dirinya pasti siap.

“Kita harus berdo’a dan bekerja. Kita harus pahami politik. Saya mana-mana saja, kalau masyarakat saya mendorong begitu ya kita ikut saja,” ujar Stepanus Malak, saat diwawancarai wartawan, belum lama ini.

Untuk pasanganya sendiri, lelaki berdarah Moi itu mengaku akan melihat perkembangan dan keinginan dari hati nurani rakyat, tentunya ada keseimbangan antara Gubernur dan wakilnya, dilihat dari kesukuan kultur budaya yang berjiwa nasionalisme maupun dari keagamaan.

“Nanti kita lihat sesuai dengan keinginan hati nurani rakyat, dan harus ada keseimbangan ya,” kata Malak.

Nah, sedangkan untuk partai pengusungnya, Stepanus Malak katakan belum ada partai yang memberikan dukungan kepadanya. “Belum ada ya, saya ga tau kalau ada,” pungkasnya.

Sementara, data yang diterima media ini, meski belum ada satu-pun partai politik yang memberikan dukungan secara sah, namun telah nampak sejumlah calon-calon gubernur provinsi Papua Barat, yang secara perlahan telah mendeklarasikan diri, yaitu, Hermus Indou saat ini menjabat sebagai ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua Barat. Dominggus Mandacan sebagai mantan Bupati Manokwari.

Irene Manibuy, saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat. Jonathan Rumainum sebagai Vice President PT Freport Indonesia dan Robert Jopie Kardinal sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia.

Dari ke lima orang yang diketahui akan maju pada Pilkada 2017, mendapat sorotan dari berbagai masyarakat, seperti halnya Subroto, salah satu warga Kota Sorong mengatakan, para calon gubernur provinsi Papua Barat harus benar-benar mengangkat derajat masyarakat ekonomi lemah, sehingga angka kemiskinan dapat teratasi.

Karena menurutnya, Papua Barat merupakan salah satu provinsi yang mempunyai sumber daya alam melimpah, secara otomatis mempunyai pendaptan daerah yang banyak, dibandingkan diwilayah lain diluar Papua. Tetapi, lanjut Subroto, SDA yang ada belum dikelola secara baik.

Olehnya itu, Subroto yang kesehariannya berdagang Ba’so di Kota Sorong mengharapkan agar masyarakat tidak mudah terkecoh dengan janji politik yang disampaikan oleh para kandidat, sebab janji yang diberikan itu manis namun realisasinya minim. “Gula-gula (janji) politik itu enak dan manis, susah untuk direalisasikan nanti,” ujar Subroto. |NASIR|EDITOR : BUSTAM

 

Tinggalkan Balasan