Kepala BKD Provinsi papua Barat, Yustus Meidodga

Panitia Lelang Jabatan Eselon II Sedang Disiapkan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah Provinsi Papua Barat akan membuka lelang terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) (eselon II) Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua Barat, Yustus Meidodga menyatakan, saat ini pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Komisi ASN tengah menyiapkan pembentukan panitia seleksi (pansel).

“Panitia seleksi ini sesuai Undang-undang ASN, terdiri dari kalangan independen sebanyak 60 persen dan pejabat birokrasi sebanyak 40 persen,” kata Yustus, Senin (22/2/2016).

Dengan komposisi Pansel yang akan dibentuk, lanjut, Yustus, dapat dipastikan proses seleksi akan berlangsung ketat, sesuai prosedur dan persyaratan yang telah ditetapkan dalam UU No. 5/2014 tentang ASN dan Peraturan Menpan RB No. 13/2014 tentang tatacara pengisian jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dilingkungan instansi pemerintah.

“Artinya tidak ada KKN didalam proses seleksi, sesuai pertimbangan undang-undang seperti itu,” imbuhnya.

Ia menuturkan, sesuai amanat UU ASN maupun peraturan Menpan RB, untuk seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi, diumukan secara terbuka di tingkat provinsi, sedangkan ditingkat provinsi akan diumumkan secara nasional.

Dengan demikian, lanjut Yustus, pengisian jabatan pimpinan tinggi ditingkat provinsi ini, akan terbuka secara nasional, sehingga memungkinkan ASN dari seluruh provinsi di Indonesia dapat mendaftarkan diri.

Walau demikian, ia menyatakan untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi dimaksud, ASN yang hendak mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi terbuka harus memenuhi persyaratan yang akan ditetapkan oleh Pansel.

Soal pengisian jabatan pimpinan tinggi yang akan ditempuh melalui mekanisme seleksi terbuka itu, Yustus belum menyebutkan, formasi jabatan apa saja yang akan direbutkan dan syarat serta tahapan seleksinya hingga pengumuman penetapan hasil seleksi. |RIZALDY|EDITOR : BUSTAM

Tinggalkan Balasan