Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat, Robert M Nauw .

Demokrat Hanya Akan Usul Dua Nama ke DPP

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat, Roby Melianus Nauw menyatakan, hanya dua nama pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur yang akan diusulkan ke DPP partai.

Kata Roby, Partai Demokrat segera membuka pendaftaran bagi pasangan bakal calon sebelum bulan Maret. “Kita akan buka pendaftaran selama empat hari. Sebelum akhir bulan ini sudah dibuka,” kata Roby, Selasa (23/2/2016).

“Gubernur mendatang, itu harus punya kemampuan, visi dan misi yang jelas. Kami sangat memenuhi syarat 20 persen, kalau ada partai yang mau koalisi monggo silahkan saja,” katanya.

Menurut Roby, tim seleksi dan penjaringan segera dibentuk. Tim ini akan mengatur teknis pendaftaran bagi para bakal calon. Selama empat hari, tim akan memverifikasi berkas bakal calon maupun pasangan bakal calon.

“Setelah diverifikasi akan diserahkan kepada tim DPD. Kami akan melakukan verifikasi kembali sebelum diserahkan ke pusat. Hanya ada dua nama pasangan bakal calon yang dikirim ke DPP untuk diambil keputusan,” ungkap Roby.

Roby menyebutkan, Partai Demokrat akan tetap menerima bakal calon maupun pasangan bakal calon yang sebelumnya telah mendaftar pada partai tertentu.

“Kami yakin, Demokrat banyak diminati meski ada yang sudah mendaftar di partai lain, tetap mendaftarkan lagi. Silahkan saja, kami ini demokratis terbuka untuk siapa saja yang maun mendaftar,” aku Roby.

Kendati memenuhi syarat 20 persen untuk mengusun pasangan bakal calon, Roby mengemukakan, Partai Demokrat membuka diri untuk berkoalisi pada pilkada gubernur-wakil gubernur 2017 mendatang.

“Di tingkat provinsi sampai saat ini belum ada yang membangun komunikasi dengan kami (DPD, red). Kemungkinan di tingkat nasional berjalan karena menyangkut gubernur sehingga nantinya bisa mempengaruhi rekomendasi terkait arah dukungan partai,” ungkapnya.

Roby menambahkan, pendaftaran dan penjaringan bakal calon bupati-wakil bupati di Tiga daerah yakni, Kota Sorong, Kabupaten Maybrat, Kabupaten Sorong telah ditutup sejak akhir pekan lalu.

Sedikitnya dua pasangan bakal calon bupati-wakil bupati telah mendaftarkan diri ke DPC setempat. Berbeda, di Kota Sorong bakal calon wakil bupati cukup banyak yang mendaftarkan diri.

“Di Kabupaten Tambrauw baru akan ditutup pada Senin, pekan depan. Di Kabupaten Sorong, tiga bakal calon kepala daerah mendaftar tanpa pasangannya,“imbuhnya. |RASYID FATAHUDDIN|EDITOR : BUSTAM

Tinggalkan Balasan