Plt Kadis Pendidikan Papua Barat Sudjanti Kamat

2016, Dinas Pendidikan Kembali Kirim Mahasiswa Keluar Negeri

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat tetap melanjutkan Program Pengembangan Perguruan Tinggi dengan menyekolahkan mahasiswa Asli Papua ke luar negeri.

“Di program pengembangan perguruan tinggi itu ada beberapa ruang kerja seperti pengiriman anak asli Papua ke luar negeri, misalnya Australia,” kata Kabid Dikti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Barat, Sudjanti Kamad di kantor gubernur, Selasa (23/2).

Selain itu, pihaknya juga terus memberikan beasiswa kepada 54 mahasiswa yang sedang belajar di Jerman termasuk kepada sejumlah mahasiswa di China untuk program pendidikan akhir S1, dan S2.

Ia menerangkan program Afirmasi Pendidikan yang sedang dikelola adalah program Adik (Afirmasi Pendidikan Tinggi). Program ini mengirim sejumlah mahasiswa Papua Barat ke 50 perguruan tinggi di Indonesia.

Sedangakan Adem (Afirmasi Pendidikan Menengah) yaitu anak-anak SMP yang lulus di Papua Barat dikirim ke SMA-SMA yang berada di Jawa dan Bali. “Ini untuk peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) dan peningkatan perguruan tinggi di Papua Barat,” katanya.

Dijelaskan Sudjanti, pada tahun lalu, Dinas Pendidikan mengirim sepuluh mahasiswa untuk sekolah di Australia. Program ini dilanjutkan kembali pada tahun 2016 ini.

Sedangkan untuk program Adik dan Adem ini merupakan program yang sebelumnya ditangani oleh UP4B dan sekarang dikembalikan ke tiga kementrian yakni Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nasional, Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, dan Kementerian Dalam Negeri. | ARIF TRIYANTO

One comment

  1. nama sy aten husage sy inggin kuliah ke luar negri sy dari papua

Tinggalkan Balasan