Wakil Bupati Manokwari Selatan, Wempi Rengkung

Wabup : Kehadiran Transmigrasi Oransbari Harus Masuk Dalam Sejarah Mansel

MANSEL, CAHAYAPAPUA.com — Wakil Bupati Manokwari Selatan, Wempi Weli Rengkung menilai napak tilas warga transmigrasi di wilayah Distrik Oransbari berhak mendapatkan tempat dalam catatan sejarah Manokwari Selatan.

Hal ini disampaikan saat menghadiri perayaan hari ulang tahun masuknya warga transmigasri gelombang II Oransbari yang dilaksanakan sabtu pekan lalu.

Dia menilai sejarah keberadaan warga transmigrasi ini tidak terlepas dari peran besar almarhum Bastian Waran. Jasanya patut menjadi teladan bagi bagi warga transmigrasi maupun masyarakat asli di daerah tersebut.

“44 tahun sudah berlalu, bisa dibayangkan pada masa itu pendidikan masih sulit, tetapi seorang dari bapak kita sudah mampu merencanakan hal yang luar biasa. Beliau mempersiapkan daerah ini menjadi sebuah kabupaten dengan menambah jumlah penduduk,” tuturnya.

Menurutnya jumlah masyarakat merupakan syarat penting dalam pemekaran daerah. Untuk itu, Wempi memaknai langkah yang ditempuh Almarhum Bastian Waran kala itu merupakan langkah awal mempersiapkan Manokwari Selatan menjadi kabupaten.

Dia mengingatkan jasa almarhum wajib dikenang oleh setiap generasi di daerah ini, sebagai motivasi serta semangat juang membangun Manokwari Selatan.

Pada kesmepatan itu ia pun berharap nilai-nilai perjuangan yang di alami oleh masyarakat transmigrasi bisa dicontoh bagi pemuda Oransbari saat ini dan yang akan datang.

Wempi minta sejarah singkat keberangkatan hingga menetapnya masyarakat dari dua kabupaten di wilayah Jawa ini disusun secara terperinci untuk diarsipkan sebagai salah satu aset pemerintah daerah. |SOETANTO | EDITOR : TOYIBAN

Tinggalkan Balasan