Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) yang berada di Arfai Gunung. Butuh UPDT dan dinas tersendiri. (Dok.Cahaya Papua)

Manokwari Butuh UPTD Pengelolaan Sampah di TPA

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Kepala Bidang P2L Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manokwari, Simon Koromat mengatakan, pengelolaan sampah khususnya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di Arfai Gunung harus memiliki UPDT tersendiri serta dinas tersendiri dalam mengelolanya.

Sehingga pengaturan sampah di lokasi tersebut dapat tersusun rapi dan bisa diatur serta dipilah secara baik. Dengan demikian sampah yang nantinya bisa didaur ulang dapat dikumpul menjadi satu tempat serta sampah yang tidak bisa di daur akan dimusnakan.

“Kita punya TPA ini harus ada Unit Pelaksana Teknik (UPTD) untuk mengatur sampah-sampah yang dibuang di TPA,” kata Simon, baru-baru ini.

Dikatakan, saat ini sistem pembuangan sampah di TPA tidak lagi menggunakan sistem lama yakni membuang sampah di tebing atau jurang yang terletak di TPA, melainkan membuang sampah di kubangan/ kolam yang sengaja dibuat untuk menampung sampah-sampah ini yang kemudian diolah.

“Ini harus ada petugas yang menata sampah ini, sehingga sampah-sampah yang dibuang tidak akan cepat penuh dan juga bisa difungsikan (didaur),” jelasnya.

Sejauh ini menurut Simon, belum ada petugas yang ditempatkan di TPA untuk melakukan tugas-tugas tersebut, sehingga nantinya jika ada pembentukan dinas baru, diharapkan juga UPTD yang dimaksud dapat dibentuk. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM

Tinggalkan Balasan