Mantan bupati dua periode Raja Ampat, Markus Wanma.

Mantan Bupati Raja Ampat Siap Maju di Pilkada Gubernur

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-Mantan bupati dua periode Raja Ampat, Markus Wanma menyatakan tekadnya untuk bersaing pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua Barat periode 2017-2022.

Meski demikian, ia belum mau memberi bocoran terkait calon pendampingnya.“Mencalonkan diri itu hak setiap anak bangsa. Tentu ada prosesnya yang harus dilalui. Sebagai anak negeri, saya siap untuk memberikan sumbangan pikiran untuk membangun papua barat,” kata Markus ditemui di Manokari, Kamis (25/2/2016).

Menyoal dukungan Parpol, Markus mengakui sudah ada komunikas dengan Hanura, PDI Perjuangan, Nasdem dan beberapa Parpol. “Pendamping ini sudah ada figur, tinggal setuju atau tidak. Akan disampaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujarnya.

Markus menambahkan, soal kriteria calon gubernur dan wakil gubernur, orang asli Papua adalah amanat UU otsus yang harus dihargai.

“Kalau sistimnya mungkin mengikuti aturan nasional. Kalau kita persempit lagi, maka amanat UU Otsus maka harus ditaati. Sistim pelaksanaannya kan masih diupayakan lagi,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN | EDITOR : TOYIBAN

 

Tinggalkan Balasan