Kegiatan Musrembang Tingkat Distrik yang dilakukan oleh Distrik Prafi, Kamis kemarin.

Hadiri Musrembang Distrik Prafi, Wabup : Pembangunan Kampung Harus Prioritas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Guna mendapat perencanaan serta program prioritas dalam membangun desa/kampung, setiap distrik harus menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang), hal ini yang dilakukan oleh Distrik Prafi pada Kamis (25/2/2016).

Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo yang hadir dalam Musrembang tersebut berpesan agar setiap program yang nantinya disusun merupakan program prioritas sesuai kebutuhan kampung yang langsung menyentuh masyarakat.

Musrembang sangat penting dilakukan, guna menjaring informasi tentang permasalahan dan potensi, serta aspirasi yang berkembang sebagai bahan pengambilan kebijakan pembangunan dengan menyesuaikan pada kebijakan daerah, regional, maupun nasional.

Dikatakan, meski telah dilakukan perencanaan awal dalam pembangunan daerah, namun masih saja terdapat kegagalan serta tidak tercapainya sasaran dari perencanaan itu.

“Saya mau tekankan Musrembang ini kiranya dapat dimanfaatkan sebaik-baik mungkin, karena ini untuk menentukan rencana program untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskan juga pembangunan kampung harus menjadi prioritas yang diakomodir oleh para pimpinan SKPD dalam menyusun rencana  kerja atau program kerja tahunan SKPD yang nanti menjadi bahan rencana kerja Pemerintah Kabupaten Manokwari di tahun 2017.

Kepala Distrik Prafi, Frans Muid mengatakan, untuk dataran Prafi terdapat 16 kampung, dimana 16 kampung tersebut terbagi menjadi 3 kampung nasional dan 13 kampung lokal. Untuk itu melalui Musrembang ini, diharaplan setiap program yang disusun dan diajukan dapat lebih memihak kepada masyarakat.

Sehingga pembangunan yang dilakukan nantinya dapat menyentuh dengan masyarakat di dataran Prafi. “Jadi nanti dalam Musrembang ini tiap kampung yang terlebih dahulu telah menggelar Musrembang kampung akan membahas apa yang diusulkan untuk pembangunan kampung di tahun 2017 nanti,” pungkasnya. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM

 

Tinggalkan Balasan