[(timkicau.com), (Ijaxphotos.com)]

Kepulauan Auri Teluk Wondama Peluang Investasi Pariwisata

MANOKWARI, Cahayapapua.com–Kepulauan Auri di wilayah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat dinilai menyimpan banyak peluang insvestasi yang cukup besar pada sektor pariwisata.
              
“Keindahan terumbu karang membentang luas di dasar laut kepulauan Auri. Banyak jenis ikan dan hewan laut lain hidup disana,” kata salah satu tokoh masyarakat Teluk Wondama, Sem Otneil Sembor, beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata dia, ada sejumlah pesawat tempur milik tentara Jepang dan Amerika tenggelam dilokasi tersebut. Keberadaan pesawat zaman perang dunia ke-II ini dinilai bisa menjadi obyek pariwisata yang bernilai sejarah dan edukasi.

“Itu potensi yang ada di dasar laut, sementara potensi pariwisata yang berada di darat, kita bisa menikmati pesona alam kepulauan. Di lokasi itu, kita pun bisa mengunjungi situs sejarah peradaban Injil,” kata dia.

Sem menjelaskan, kepulauan Auri diapit oleh dua kawasan alam yang dilindungi, yakni kawasan cagar alam pegunungan Wondiboy dan kawasan laut Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC).

Dia menilai, kondisi ini yang membuat ekosistem dan keindahan alam di kepulauan tersebut masih terjaga. “Turis asing (wisatawan mancanegara) yang mengunjungi lokasi ini mencapai ratusan orang dalam setahun. Sangat sering, biasanya mereka menyelam untuk melihat hiu tutul yang kadang kala bermain-main dilokasi itu,” kata dia lagi.

Potensi pariwisata ini, lanjut dia, belum bisa memberi manfaat yang optimal bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Ia pun yakin, pemerintah daerah pun belum memperoleh pendapatan dari kekayaan alam teresebut.

“Karena, kebanyakan turis-turis yang datang itu masuk lewat Nabire (salah satu kabupaten di Provinsi Papua), dengan menggunakan speed yang sudah mereka sewa dari sana,” kata dia menambahkan.

Masyarakat, lanjut dia, menaruh harapan besar kepada Bernadus Imburi dan Paulus Y Indibri selaku bupati dan wakil bupati yang baru dilantik pekan lalu.

Sem berharap, pasangan kepala daerah ini bisa bersinergi dan bisa menempatkan pejabat Kepala Dinas Pariwisata Teluk Wondama, yang benar-benar mampu mengenal dan mengelola potensi pariwisata tersebut.

“Potensi ini begitu besar, namun barangkali tidak ada pendapatan asli daerah yang diperoleh dari potensi ini. Begitu pun masyarakat di wilayah tersebut, masih banyak masyarakat kita yang hidup miskin, sungguh ironi,” ujarnya.| MUHAMMAD RIZALDY | EDITOR : TOYIBAN

Leave a Reply

%d bloggers like this: