Drs. H. Musa Kamudi, M.Si

Pengelolaan Dana Desa Perlu Pendampingan Terpadu

MANOKWARI, Cahayapapua.com Pemerintah kabupaten/kota serta distrik diminta menyediakan tenaga pendamping untuk memastikan pengelolaan dana desa di wilayah masing-masing. Realisasi dana desa 2016 diharapkan berjalan sesuai prioritas hingga pelaporan penggunaan.

Asisten I Setda Provinsi Papua Barat, Musa Kamudi, mengatakan penyaluran dan penggunaan dana desa tahun ini, harus didampingi melalui pengendalian terpadu antara pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.

“Penggunaan dana desa tahun ini, mengacu pada peraturan Menteri Desa No. 21/2015 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa tahun 2016,” kata dia beberapa hari lalu.

Ia berharap, ada koordinasi dan kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, untuk mendorong adanya pendampingan secara terpadu dan berkelanjutan. Hal itu pun penting agar penyaluran dan pencairan dana desa sesuai aturan.

“Itu harus dilakukan, agar pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dapat menyelesaikan masalah dengan mengambil langkah-langkah preventif,” ujarnya.

Menurutnya, penyaluran dana desa dialokasikan secara merata kepada setiap kampung, berdasarkan jumlah penduduk desa, angka kemiskinan desa, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis.|MUHAMMAD RIZALDY | EDITOR : TOYIBAN

 

Tinggalkan Balasan