Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jhonatan Rumainum.|Foto : Rasyid Fatahuddin|Cahaya Papua.

Jhonathan Rumainum-Baesara Wael Siap Melangkah di Pilkada Papua Barat

MANOKWARI, Cahayapapua.comPasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jhonatan Rumainum-Baesara Wael menyatakan siap melangkah di pemilihan kepala daerah Papua Barat periode 2017-2022.

“Saya datang dari latar belakang yang berbeda, coba menawarkan sesuatu yang beda dari apa yang ada di pemerintahan di Papua dan Papua Barat,” kata Jhonatan, Sabtu (27/2/2016).

Komparasi dari kalangan profesional dan birokrat ini, ia yakin akan memberikan apa yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di Papua Barat, khususnya orang asli Papua.

“Mudah-mudahan ini bisa menjawab apa yang menjadi kebetuhan dasar orang asli Papua. Juga bisa menjaga kesetaraan kehidupan seluruh komunitas yang ada di Papua Barat,” ujar kakak Nathan sapaan akrabnya.

Vice Presiden PT Freeport, mengaku manajemen dan leadership merupakan kunci penting untuk menata pemerintahan. “Cepat atau lambat, wakil pasti diketahui. Saya sebutkan, Ibu Baesara Wael. Saya yakin beli mampu,” ujar Nathan.

Baesara Wael yang dikonfirmasi secara terpisah, mengakui pencalonannya sebagai wakil gubernur pada pilkada Papua Barat bukan wacana.

Menurut mantan Wakil Walikota Sorong ini, komunikasi politik telah dibangun sejak dua bulan lalu. Pengalaman selama 23 tahun di PT Freeport serta komitmennya membangun Papua Barat adalah alasan bagi Baesara menerima pinangan Jhonatan Rumainum.

“Saya simpatik dengan komitmen beliau. Selama 23 tahun dipercayakan Negara bahkan dunia untuk mengelola perusahaan besar. Intelektual beliau sudah teruji,” ujar dia.

Baesara Wael kini, aktif sebagai Kepala Bagian Pemerintahapan pada Biro Pemerintahan Setda Provinisi Papua Barat. Sekiranya, delapan tahun lagi akan memasuki masa pensiun.

Meski menyatakan siap maju secara resmi ia belum menyampaikan ijin kepada gubernur. “Tidak usah banyak janji. Karena akan jadi beban tetapi, komitmen untuk bekerja. Belum tentu janji bisa ditepati,” tandasnya. |RASYID FATAHUDDIN|EDITOR : BUSTAM

Tinggalkan Balasan