Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Papua Barat, Abia Ullu.

BPKAD: Bappeda harus Segera Kembalikan Sisa Kas Rp. 2,7 Miliar

MANOKWARI, Cahayapapua.comKepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Papua Barat, Abia Ullu, nyatakan akan upayakan paksa Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Barat segera kembalikan sisa Kas sebesar Rp. 2,7 miliar yang bersumber dari APBD Papua Barat tahun 2015.

Kepada awak media, usai mengikuti apel gebungan Pemprov Papua Barat, kemarin, Abia menyatakan, sebelumnya Gubernur Papua Barat telah menekankan dua SKPD yang belum mengembalikan sisa kas kepada kas dareah, yakni Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Bappeda.

“Sisa kas yang belum dikembalikan itu ada dua SKPD, yang sudah disampaikan Bapak Gubernur pada saat penyerahan DPA, dua SKPD itu, yakni Dinas Pemuda dan Olahraga dan kedua adalah Bappeda,” kata Abia di halaman kantor gubernur, Arfai.

Ia menyebutkan, dari kedua SKPD tersebut, Dinas Pemudah dan Olahraga telah menyelesaikan sisa kas, dan telah menyerahkan SPJ dan laporan penggunaan anggaran.

“Saya klarifikasi, bahwa Dinas Pemuda dan Olahraga, itu SPJnya sudah, laporannya sudah selesai berarti dia tidak bermasalah,” ucap Abia.

Sementara sisa kas milik Bappeda yang belum disetorkan ke Kas Daerah, Abia tegaskan, agar segera disetorkan secepatnya, agar tidak menjadi temuan pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK.

“Jadi kita upayakan, paksakan agar segera disetorkan ke kas daerah, karena kita terus berupaya mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” imbuh Abia.

Ia menyebutkan dana yang harus dikembalikan ke Kas Daerah oleh Bappeda sebesar, Rp. 2,7 miliar. Uang sebesar itu, berasal dari salah satu kegiatan yang tidak selesai dilaksanakan oleh Bappeda ditahun 2015.

“Itu ada kegiatan yang tidak diselesaikan kemarin, tentunya saya sebagai bendahara umum daerah, uang itu masih ada, karena laporannya belum masuk ke saya. Jadi saya tidak tahu, uang itu kemana, tapi yang pasti, uang itu masih ada, makanya saya suru setor supaya tidak bermasalah,” tandas Abia. | RIZALDY|EDITOR : BUSTAM

 

Tinggalkan Balasan