Max Hehanusa, Ketua Rapimda DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat

Golkar Segera Buka Pendaftaran, PAN Tunggu Pengesahan Pengurus

MANOKWARI, Cahayapapua.com DPD Partai Golkar Provinsi Papua Barat segera menyampaikan kriteria bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat periode 2017-2022, tanggal 8 Maret mendatang.

Kepastian itu dikemukakan ketua panitia Rapimda DPD Partai Golkar, Max Hehanusa kepada wartawan di halaman kantor DPR Papua Barat (DPRPB), Senin (29/2/2016).

“Pendaftaran penerimaan bakal calon akan dibuka tanggal 8-15 Maret. Kita akan awali dengan rapimda (Rapat Pimpinan Daerah) pada tanggal 5 Maret,” katanya.

Selain sosialiasi hasil Munas Jakarta terkait kepengurusan sah partai, momentum Rapimda juga digunakan untuk menyusun strategi politik berdasarkan aspirasi yang masuk dari 13 DPD Golkar se-Papua Barat.

“Rapimda ini akan membuka cakrawala masyarakat yang selama ini menganggap Golkar dua. Tidak. Kita satu, Golkar saat ini adalah, hasil Munas Riau. Kita akan menyatukan barisan untuk menghadapi Pilkada 2017,” ujarnya.

Partai berlambang pohon beringin ini juga akan mengundang para bakal calon maupun pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur dalam rapimda. Max berujar, beberapa diantaranya adalah, kader partai.

Perhelatan Pilkada 2015 lalu, partai ini sempat diwarnai gejolak internal mengenai dualisme kepengurusan. Kondisi ini membuat bargaining partai lemah dalam Pilkada 2015 lalu.

“Kemarin ada masalah tetapi hari ini kita maju kedepan untuk merebut kader-kader terbaik partai maupun dari luar partai. Kita yakin usulan partai Golkar pasti menang,” tandasnya.

Sementara itu ia mengatakan, partai Golkar yang memiliki sembilan kursi di DPRPB dapat mengusung pasangan calon gubernur-wakil gubernur secara mandiri. Meski demikian, menurut dia, Golkar tetap membuka diri untuk membangun koalisi dengan parpol lain.

“Kita akan kombinasi calon-calon terbaik menjadi satu. Sendiripun Golkar bisa maju, tapi kita tidak ego, semakin banyak dibelakang Golkar akan semakin bagus,” pungkasnya.

 

PAN

Di tempat yang sama Ketua Formaetur DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua Barat, Rahmad Sinamur mengatakan hasil musyawarah wilayah (Muswil) PAN Papua Barat beberapa waktu lalu akan segera diserahkan ke DPP PAN.

“Awal Maret baru kita usulkan ke DPP PAN untuk ditetapkan melalui suatu surat keputusan. Formaetur terdiri dari Lima orang. Kami akan rapatkan hasil ini dalam waktu dekat,” kata Rahmad ditemui di halaman kantor DPR Papua Barat (DPRPB), Senin (29/2/2016).

Adapun formaetur DPW PAN masing-masing, Rahmad Sinamur, Hartono A. Toha, Irianto Arkan Mandacan, Thomas Warijo dan Dony Mandacan.

Menurut Rahmad, proses penetapan segera dirampungkan agar partai bisa menyiapkan proses pendafraran dan penjaringan pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur Papua Barat.

“Kami menunggu SK dari DPP. Setelah itu baru akan dibentuk tim penjaringan dan membuka pendaftaran. Yang jelas, sebelum tahapan KPU dimulai PAN sudah buka pendaftaran,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN

 

Tinggalkan Balasan