Kepala bagian Pemerintahan Umum, Biro Pemerintahan Setda papua Barat, DR. Baesara Wael

Lima Bupati Hasil Pilkada Serentak Akan Ikuti Raker Bupati/Walikota

MANOKWARI, Cahayapapua.comPemerintah Provinsi Papua Barat jadwalkan Rapat Kerja (Raker) Bupati dan Walikota se Papua Barat, pada tanggal 10- 11 Maret 2016.

Kepala Bagian Pemerintahan umum Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Papua Barat, DR. Baesara Wael menyatakan, Raker bupati dan walikota kali ini akan diwarnai suasana baru.

Menurutnya, nuansa Raker kali ini tidak hanya mengkaji dan menyusun rancangan RPJM periode lima tahunan, tetapi juga diupayakan agenda pembahasan solusi penyelesaian sengketa tapal batas wilayah antar kabupaten/kota se Papua Barat.

“Karena, setelah ditetapkan sebagai pasangan bupati terpilih, pasangan bupati dan wakil bupati, segera menyusun RPJM selama lima tahun periode jabatan Bupati dan Wakil Bupati,” jelas Baesara di ruang kerjanya, Selasa (1/3/2016).

Ia menuturkan, Raker yang akan digelar kali ini, merupakan Raker keempat selama masa kepemimpinan Gubernur Abraham O. Atururi.

Menurutnya, Raker ini merupakan, langkah terakhir dan awal untuk penyusunan kajian awal sebagai embrio dari Rencana Pembangungan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk periode berikut.

Pelaksanaan Raker kali ini, lanjut Baesara akan digelar secara terpisah dari penyelenggaraan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) tingkat provinsi.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya, jadwal Raker selalu dihimpit dengan Musrembang, tahun, ini, harus dilaksanakan terpisah, agar hasil raker dapat terfokus pada kebijakan-kebijakan kepala daerah,” jelas Baesara.

Hasil Raker Bupati dan Walikota ini, lanjut Baesarah, itulah yang akan disampaikan saat Musrembang tingkat provinsi, dan dituangkan dalam bentuk kegiatan teknis dari kebijakan Bupati dan Wakil Bupati selama periode lima tahun jabatan bupati.

Soal koordinasi kesiapan pelaksanaan Raker Bupati dan Wakil Bupati, Baesara nyatakan, pihaknya telah membangun koordinasi dengan bupati dan walikota.

“Untuk memastikan kesiapan pemerintah kabupaten/kota, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Papua Barat, pekan ini, akan melakukan kunjungan langsung ke pemerintah kabupaten/kota, untuk memastikan kesiapan pelaksanaan kegiatan Raker,” kata Baesara. |RIZALDY|EDITOR : BUSTAM

Tinggalkan Balasan