Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan disambut oleh masyarakat Distrik Manokwari Utara saat melakukan kunjungan kerja, kemarin. Demas berjanji akan menyiapkan aturan pemberlakuan pendidikan gratis di Manokwari.

DEMAS SIAPKAN ATURAN PENDIDIKAN GRATIS

MANOKWARI, Cahayapapua.com Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan mengatakan, masalah pendidikan di Kabupaten Manokwari akan menjadi perhatian khusus dalam masa kepemimpinannya.

“Jadi untuk pendidikan gratis baik di sekolah negeri maupun sekolah swasta akan tetap saya lakukan, karena saya juga berasal dari pendidikan swasta yakni YPPGI,” kata Bupati Demas, kemarin.

Dikatakan bupati, masalah pendidikan memang menjadi salah satu faktor utama lambatnya perkembangan di Kabupaten Manokwari. Tidak sedikit masyarakat Manokwari yang mengeluh atas mahalnya biaya pendidikan. Sebagai langkah awal dirinya akan mencoba membuat satu regulasi tentang pembebasan biaya pendidikan.

Sebelumnya bupati juga mengatakan, terdapat tiga skala prioritas yang akan dilakukan dalam memimpin Kabupaten Manokwari di antaranya, pendidikan, kesehatan dan bidang keagamaan.

Secara terpisah Ombudsman mengingatkan bahwa dunia pendidikan di Manokwari masih mengalami banyak problematika. Perlu ada keseriusan pemerintah daerah untuk membenahi hal tersebut.

Kepala Bidang Pengawasan Ombudsman Papua Barat Yunus Kaipman berharap adanya perhatian serius pemerintah daerah untuk membenahi dunia pendidikan seperti sarana prasarana, guru, memberikan biaya, bagi siswa melalui dana Otsus dan dana Biaya Operasioanal Sekolah (BOS).

“Kekurangan ini perlu diperhatikan secara serius oleh dinas pendidikan kabupaten/ provinsi,” kata Yunus, Rabu (2/3/2016).

Yunus berharap kedepan, mengacu pada UU di Manokwari, deut Bupati Demas Paulus Mandacan dan Wakil Bupati Edy Budoyo bisa fokus melihat realitas dunia pendidikan kabupaten Manokwari.

“Perlu ada evaluasi terhadap dunia pendidikan karena itu sangat penting,” kata dia. “Perlu adanya transparansi terkait tentang pengelolahaan dana sekolah,” tambahnya. | EDY MUSAHIDIN

Tinggalkan Balasan