Bupati Manokwari Paulus Demas Mandacan bersama sejumlah anggota DPRD Manokwari saat mengikuti Musrembang di Distrik Manokwari Utara, kemarin.

Tahun Ini Distrik Manokwari Utara Kelola Dana Kampung Rp 18 Miliar Lebih

MANOKWARI, Cahayapapua.com 23 kampung di Distrik Manokwari Utara, tahun ini akan mendapat dana desa/kampung yang jumlahnya cukup besar. Setiap kampung dipastikan akan mengelola dana kurang lebih Rp 800 juta.

Hal tersebut disampaikan Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan saat membuka Musrembang Distrik Manokwari Utara di halaman kantor distrik, kemarin.

Dikatakan bupati, dana desa harus digunakan untuk masyarakat dalam program kerja sesuai kebutuhan kampung masing-masing.

Dijelaskan, dana segar itu terdiri dari dana kampung sekitar Rp 600 juta, ditambah Alokasi Dana Kampung (ADK) dari Kabupaten Manokwari sebesar Rp 170 juta serta didukung dana Otonomi khusus sebesar (Otsus) Rp 100 juta, sehingga jika ditotalkan, setiap kampung akan menerima dana desa sekitar Rp 800 juta.

“Jadi untuk Distrik Manokwari Utara dengan 23 kampung akan mengelolah dana sebesar Rp 18.400.000.000,-” jelasnya.

Sehingga dirinya berpesan, agar dana sebesar itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Agar kedepan angka kemiskinan di masyarakat dapat ditekan.

Tak lupa bupati juga berpesan, agar setiap penggunaan dana wajib dibuatkan laporan pertanggungjawaban. Ini dimaksudkan agar pemerintah juga dapat mengetahui tingkat keberhasilan dari pelaksanaan yang dilakukan.

Peran kepala distrik serta tenaga pendamping dapat membantu aparat kampung serta masyarakat dalam hal membuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan dana yang dikelola oleh kampung-kampung tersebut. |ADITH SETAYWAN|EDITOR : BUSTAM

Tinggalkan Balasan