Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo menyerahkan beras gratis dalam program Beras Sejahtera (Rastra), yang secara resmi diluncurkan di Manokwari, Kamis, (25/1).

12.067 keluarga di Manokwari akan dijatah beras gratis tiap bulan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Manokwari, bersama Perum Bulog meluncurkan program bantuan sosial beras sejahtera atau Bansos Rastra bagi belasan ribu warga kurang mampu, Kamis.

Wakil Bupati Manokwari Edi Budoyo pada kegiatan tersebut mengatakan, sebagian besar warga Indonesia mengonsumsi beras. Beras merupakan komoditas strategis nasional.

Ia menjelaskan, program ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan.

“Komoditas pangan cukup besar dalam membentuk angka kemiskinan, salah satunya beras. Seperti di Manokwari, beras menjadi salah satu komponen pada garis kemiskinan,” kata Budoyo dalam peluncuran program tersebut di Distrik Manokwari Barat.

Menurutnya, program Rastra merupakan instruksi presiden untuk mengurangi beban masyarakat berpenghasilan rendah. Hal ini bagian dari rencana program jangka menengah (RPJM) nasional.

“Program beras untuk mendukung nawacita, meningkatkan kualitas masyarakat ekonomi. Ini bagian dari subagenda kedaulatan pangan,”sebutnya lagi.

Pada kesempatan itu, Edi juga menekankan pentingnya peran daerah dalam mewujudkan program ketahanan pangan, terutama makanan pokok. Seperti halnya tujuan pemerintah pusat, program pangan di daerah harus bisa menjamin keamanan, kebutuhan gizi serta peningkatan kesejahteraan pelaku pangan.

Dahulu, lanjutnya, program ini dinamakan program raskin atau beras miskin. Sekarang diganti dengan Rastra.

“Dulu satu keluarga mendapat 15 kg perbulan, sekarang hanya 10 kilo. Dulu masyarakat diminta membayar Rp.600/kg tapi sekarang ¬†masyarakat tidak dipungut biaya alias gratis,” sebutnya lagi seraya mengatakan, jumlah penerima Rastra di Manokwari sebanyak 12.067 keluarga.

Kepala Subdivre Bulog Manokwari Muhammad Said pada kesempatan itu memastikan, stok beras Rastra sudah tersedia di gudang Bulog dan siap di distribusikan.

“Bulog siap mendistribusikan hingga ke kantor distrik. Selanjutnya pemerintah distrik akan mendistribusikan hingga ke kelurahan,” katanya lagi. (ibn/cr-79)

Leave a Reply

%d bloggers like this: