Bupati didampingi Kadishut Manokwari dan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari melakukan penanaman pohon dalam rangka Hari Menanam Nasional di Kampung Subsay, Warmare. Ada 1200 pohon ditanam. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

1200 Pohon Gaharu dan Lawang Ditanam di Warmare Manokwari

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com-– Sedikitnya 1.200 pohon Gaharu dan pohon Lawang ditanam di kampung Subsay distrik Warmare, Manokwari, Selasa (2/12/2014). Penanaman tersebut menjadi bagian dari kegiatan hari menanam pohon nasional sekaligus bulan menanam pohon tahun 2014 tingkat kabupaten Manokwari.

Bupati Manokwari Bastian Salabai membuka kegiatan tersebut sekaligus mengawali penanaman pohon yang juga melibatkan para pimpinan Muspida, PNS di wilayah Warmare, para pelajar juga kelompok tani hutan dan masyarakat setempat.

Penanaman dilakukan di atas lahan tidur seluas 2 hektar yang dipersiapkan sebagai hutan desa/kampung.

“Pohon yang ditanam terdiri atas Gaharu dan Lawang ini dalam rangka pengembangan hasil hutan bukan kayu yang merupakan keunggulan lokal di tanah Papua dengan harga jual yang tinggi namun populasinya semakin menurun, “ jelas Kepala Dinas Kehutanan Erens Ngabalin dalam laporannya.

Kelestarian lingkungan terutama kawasan hutan sangat penting karena hutan adalah paru-paru dunia. Karena itu Bupati Bastian Salabai mengajak warga masyarakat di distrik Warmare membiasakan diri menanam pohon. Karena satu pohon sangat berarti bagi keberlanjutan ekosistem di sekitarnya.

“Apalagi pohon Gaharu dan Lawang ini memiliki manfaat tidak saja dari sisi lingkungan tetapi juga dari sisi ekonomi, pohon-pohon ini bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat. Karena itu saya berharap, pohon-pohon yang sudah ditanam ini dijaga dan dirawat dengan baik agar bisa tumbuh sampai besar agar masyarakat dapat mengambil manfaat, “ pesan Salabai.

Usai penanaman pohon, Bupati bersama rombongan melakukan panen jagung milik kelompok tani Klasis GKI Hatam Moile Meyah (HMM) di kampung Nimbay, Warmare|ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan