Pj. Bupati George Yarangga pada apel gabungan PNS.

PNS Bukan Penguasa Tetapi Pelayan

KAIMANA, Cahayapapua.com Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 mengisyaratkan bahwa fungsi PNS kedepan adalah sebagai pelayan masyarakat, perekat bangsa dan pelaksana kebijakan publik, bukan penguasa yang bertindak semena-mena terhadap masyarakat. Oleh sebab itu bertindaklah sebagai seorang pelayan dalam memberikan pelayanan yang prima dengan penuh ketulusan hati kepada masyarakat.

Demikian Penjabat Bupati Kaimana George Yarangga menyampaikan hal ini beberapa waktu lalu ketika menutup secara resmi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan CPNS Daerah Lingkup Pemkab Kaimana Formasi Tahun 2014. Dikatakan, prajabatan bagi CPNS dimaksudkan untuk menyiapkan PNS yang handal dan beretos kerja tinggi serta siap ditempatkan dimana saja dalam wilayah NKRI.

“Fungsi PNS dalam undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 adalah sebagai pelayan masyarakat, perekat bangsa dan pelaksana kebijakan publik. PNS bukan penguasa yang bertindak semena-mena terhadap masyarakat. Oleh sebab itu bertindaklah sebagai seorang pelayan dalam memberikan pelayanan yang prima, penuh ketulusan hati kepada masyarakat. Marilah kita berkomitmen, manfaatkan barisan Korpri sebaik-baiknya karena tantangan penyelenggaraan pemerintahan kedepan semakin besar dan komprehensif,” tukas Yarangga.

Lebih jauh Yarangga meminta PNS terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan agar kelak menjadi PNS yang berhasil, bukan dalam hal memiliki harta yang berlimpah tetapi dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. PNS demikian Bupati Yarangga, juga harus membangun komitmen mewujudkan visi Pemerintah Daerah dan bertanggungjawab terhadap peneyelenggaraan pemerintahan.

“Tingkatkan pengetahuan, kemampuan agar menjadi PNS yang berhasil, bukan untuk memiliki harta yang berlimpah tetapi untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Saudara-saudara juga harus berkomitmen mewujudkan visi Pemerintah Daerah dan bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat. Komitmen tersebut sangat penting untuk menjawab berbagai tantangan dan peluang ditengah kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis dan terbuka. Tingkatkan kualitas diri, hormatilah pimpinan dan cintailah pekerjaan,” tukas Yarangga seraya mengutip pernyataan Gubernur Papua Barat ‘Duduklah di situ, bekerjalah di situ dan pintar di situ.” (ISA)

Tinggalkan Balasan