Drs. H. Musa Kamudi, M.Si

MTQ Tingkat Provinsi Digelar Mei di Bintuni

MANOKWARI, Cahayapapua.com Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Papua Barat, Drs H. Musa Kamudi, menyatakan, pergelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Papua Barat, digelar tanggal 14 sampai 21 Mei tahun ini.

Kegiatan yang akan digelar di ibukota Kabupaten Teluk Bintuni ini, kata Musa, telah disepakati tanggal pelaksanaan, kategori dan jenis cabang dan golongan yang akan dilombakan.

“Kita telah sepakati, ajang MTQ kali ini, kita akan melombakan 7 cabang dan 18 golongan,” ujar Kamudi saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (4/3/2016).

Menurutnya, dari sisi kesiapan, panitia lokal sudah sangat siap, hal itu dibuktikan dengan penyediaan fasilitas tempat perlombaan, dan tempat inap bagi kafilah kabupaten/kota.

Saat ini, proses pembangunan arena lomba utama sedang dibangun, diperkirakan akan rampung pada bulan ini, sementara arena pendukung lainnya juga masih dalam tahap pembangunan.

Ia menyebutkan, beberapa fasilitas milik pemerintah juga akan digunakan dalam ajang kompetisi MTQ tingkat provinsi ini, di antaranya, gedung serba guna milik pemda kabupaten Teluk Bintuni dan kantor sekretariat DPD KNPI Bintuni.

Kesiapan lainnya, kata Musa, yakni adanya kesepakatan pembiayaan bersama (searing anggaran) antara pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni sebagai tuan rumah penyelenggaraan iven tahunan tingkat provinsi ini.

Ia juga berharap penyelenggaraan iven serupa dilakukan lebih awal di tingkat kabupaten/kota, sebelum penyelenggaraan ivent tingkat provinsi, sehingga proses seleksi peserta MTQ ditingkat kabupaten/kota dapat berjalan maksimal.

Selain itu, ia juga berharap agar, panitia MTQ tingkat provinsi dan panitia lokal yang telah terbentuk dapat mempersiapkan materi kesiapan penyelenggaraan MTQ, dan secepatnya di presentasikan di hadapan gubernur, agar dapat diketahui sejauh mana kesiapan panitia. | RIZALDY

Tinggalkan Balasan