Balthasar Kambuaya

Baltasar Siap Maju ke Pilgub, Pernah Komunikasi dengan Hasan Achmad

MANOKWARI, Cahayapapua.com Mantan Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya menyatakan diri siap bertarung dalam Pilkada Papua Barat yang akan digelar pada Februari 2017.

Balthasar menyampaikan hal ini di Mapolda Papua Barat, di Manokwari Kamis lalu, ketika mengurus SCKC, salah satu persyaratan yang akan dipakai dalam pendaftaran ke sejumlah partai.

Ditemani tokoh masyarakat Maybrat, Marthen Nauw, Balthasar juga menyampaikan bahwa sebelumnya ia telah mendapat surat surat keterangan kesehatan dan bebas narkoba dari RSUD Manokwari. Ia akan segera menyiapkan ijazah terakhir untuk melengkapi syarat pendaftaran.

Meski tercatat sebagai salah satu kader Demokrat, Balthasar ketika disinggung bisa mulus mendapat rekomendasi Demokrat menampik. Ia mengatakan statusnya sebagai kader Demokrat tidak serta merta mempengaruhi arah dukungan partai. “Itu urusan partai dan, kita akan ikuti prosesnya,” katanya.

Ia mengatakan Demokrat sebagai partai besar yang telah meloloskan sejumlah tokoh, memiliki banyak kader terbaik sehingga ia juga akan tetap mengikuti mekanisme partai.

Meski begitu ia berharap dalam Pilgub Papua Barat para bakal calon gubernur dan wakil gubernur bersama tim menggunakan cara-cara yang elok dalam merebut simpati publik. “Tidak saling mencemoh dan fitnah,” ucapnya.

Soal siapa calon pendampingnya, tidak dijawab secara pasti oleh Balthasar. Ia hanya mengatakan bahwa telah menjalin komunikasi politik dengan mantan bupati Kaimana Hasan Achmad Aituarau.

Balthasar mengatakan calon pendamping yang ia cari akan mempertimbangkan situasi dan kemajemukan masyarakat Papua Barat. “Saya dari Kristen, maka wakil itu harus muslim serta melihat ketentuan Undang-Undang Otsus,” katanya.

Selain itu, mantan Rektor Universitas Cendrawasih ini mengatakan, selain Demokrat, ia akan segara mendaftarkan diri PKS, PAN dan PPP. Golkar juga menjadi lirikannya.

“Rencana sore ini (Jumat kemarin) saya akan daftar ke PKB. Sabtu nanti (hari ini), saya daftar di partai Demokrat,”pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN

Tinggalkan Balasan