Ismail Saul Yenu

Tokoh Papua Tolak Wacana Pengembalian Otsus

MANOKWARI, Cahayapapua.com Tokoh Pejuang Tri Komando Rakyat atau Trikora, Ismail Saul Yeno, menolak wacana pengembalian Otsus seperti disuarakan Dewan Pemuda Adat Papua dalam demonstrasi di Jakarta baru-baru ini.

Ismail Yenu, di Manokwari, Kamis (3/3/2016), mengatakan, Otsus bertujuan mensejahterakan rakyat Papua dan mengejar ketertinggalan di berbagai aspek sehingga tak elok jika dikembalikan.

Menurutnya, jika ada persepsi yang menyebut Otsus tidak berjalan maksimal maka yang patut dipertanyakan adalah oknum di pemerintahan Papua dan Papua Barat. “Kesalahan itu bukan berada pada progam tersebut, atau pemerintah pusat, yang perlu dipertanyakan adalah pelaksana Otsus yakni pemerintah daerah. Pemerintah daerah harus berani bertanggung jawab,” kata Yenu.

Selain soal Otsus, Yenu juga memberikan pandangan soal tuntutan agar orang asli Papua memegang Direktur Utama PT Freeport Indonesia. Menurut Yenu wacana tersebut saat ini belum tepat.

“Kami kuatir jika tuntutan itu dituruti akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Saran saya, kita perbaiki dulu kualitas diri dengan memanfaatkan secara baik perhatian pemerintah melalui program Otsus,” ujarnya.

“Sebagai orang tua, saya berpesan untuk generasi muda, belajarlah dengan baik. Pemerintah sudah membuka peluang selebar-lebarnya untuk kalian maju,” tambahnya.

Khusus untuk pejabat daerah, Yenu berpesan agar mempunyai  hati yang bersih dan berfikir serius untuk membangun Papua. “Mari ciptakan lapangan pekerjaan bagi anak-anak Papua. Jangan biarkan anak-anak Papua menganggur serta menjadi beban bagi keluarganya,” kata Yenu.

“Saya dan para orang tua yang sudah mendahului kita saat itu rela berjuang dengan darah dan air mata melawan Belanda. Kami tidak menginginkan apa-apa selain berharap agar generasi Papua pintar dan sejahtera,” ujarnya. |ARIF TRIYANTO

 

Tinggalkan Balasan