Ilustrasi

Salah Penggunaan, Dana Desa Manokwari Tahun 2016 Meningkat Tajam

MANOKWARI, Cahayapapua.com– Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Manokwari mengingatkan pemerintahan kampung tidak menggunakan dana desa tahun 2016 untuk membangun rumah tinggal.

Peringatan ini disampaikan karena penggunaan dana desa pada sejumlah kampung di Manokwari tahun 2015, seperti dilaporkan BPM, salah penggunaan, salah satunya dipakai untuk membangun rumah.

Kepala BPM Manokwari, Roberth Rumbekwan membenarkan hal tersebut. “(Padahal) aturan pusat kehendaki (dana desa) tidak untuk dipakai membangun rumah tinggal,” kata Robert di Manokwari baru-baru ini.

Robert mengatakan, meski sudah salah penggunaan, pemerintah tidak bisa langsung menyalahkan aparat kampung mengingat kebutuhan mendasar di Manokwari salah satunya soal rumah bagi warga.

“Untuk itu kami akan berkoordinasi dengan bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menyurat ke pemerintahan pusat melalui kementerian terkait,” kata Roberth.

Terlepas dari itu, Robert mengingatkan agar tahun 2016 dana desa digunakan sesuai aturan, yakni untuk program yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat banyak, seperti, pembuatan saluran air bersih, jalan lingkungan, drainasse, gorong-gorong, kebutuhan pendidikan. “Kalau pembangunan rumah ada kementerian lain yang punya tanggung jawab untuk itu,” jelasnya.

Tahun 2016, Kabupaten Manokwari akan mengelola dana desa sebesar Rp. 100 miliar 388 juta yang diperuntukan bagi 164 kampung. Dana itu meningkat cukup tajam jika dibanding tahun 2015 yang hanya Rp. 44 miliar. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan