Dominggus Andrian Urbon

Maju ke Pilgub, Dominggus Urbon Resmi Daftar ke Dua Partai

SORONG, Cahayapapua.com-Dominggus Andrian Urbon, Jumat (4/3/2016) lalu, resmi mendaftarkan diri di Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Papua Barat, sebagai bakal calon kandidat gubernur Provinsi Papua Barat pada Pilkada 2017 mendatang.

Urbon, Minggu (6/3/2016), mengatakan, dalam waktu dekat dirinya juga akan mendaftar kebeberapa partai lain, namun sayangnya lelaki berdarah Bintuni ini enggan menyebut partai apa saja yang menjadi targetnya.

Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin), Provinsi Papua Barat ini mengatakan, ia terdorong untuk mencalonkan diri karena ini membangun Sumber Daya Orang Asli Papua (OAP), menumbuhkan kelestarian alam dan lingkungan di Papua Barat, menjadikan kesejahteraan milik bersama, bukan milik kelompok serta menjadikan Papua Barat sebagai pusat pertumbuhan Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Berdasakan pengalaman yang dimilikinya dibidang pembangunan, baik pembangunan berskala lokal maupun nasional, Urbon merasa dirinya siap mencalonkan diri. “Visi misi saya antara lain menjadikan Papua Barat sebagai pusat percepatan pembangunan Kawasan Timur Indonesia (KTI), supaya dapat mengkombinasikan dan mendorong implementasi nawa cita presiden Jokowi,” tutur Lelaki yang berprofesi sebagai praktisi pembangunan ini.

Dalam Pilkada kali ini, Dominggus Urbon menyatakan bahwa kesempatan ini adalah hak putra-putri terbaik Papua, “Saya menghormati saudara-saudara saya yang mendaftar, tapi disini public juga harus melihat bahwa persoalan gubernur papua barat sekalipun, hak kesulungannya ada pada orang papua asli, tapi ingat konstentuennya adalah seluruh warga Negara Indonesia,” ujar ketua Ketua Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) ini.

Jika Papua Barat bisa dijadikan pusat KTI, dirinya mempunyai target dapat merebut pasar economi pasifik, memanfaatkan luas daerah KTI yang begitu besar untuk mengekspoitasi potensi kelautan baik dari aspek ikan, pariwisata maupun konservasi alam.

“Sebagai salah satu putra daerah, saya akan tampil dengan pengalaman saya yang cukup, pengalaman-pengalaman ini harus saya kembangkan untuk mengangkat kekuatan nasionalisme kita dalam pesta demokrasi, dimana rakyat mempunyai partisipasi vertical untuk menyalurkan aspirasi mereka kepada siapa calon gubernur terbaik kedepan,” kata Dominggus Urbon. |NASIR

Tinggalkan Balasan