ilustrasi Alokasi Dana Desa

15 % Kampung Belum Serahkan Laporan Dana Desa Tahap III 2015

MANOKWARI, Cahayapapua.com– Pemerintah Kabupaten Manokwari menyatakan, 15 persen kampung di Manokwari, belum menerima dana desa tahap III 2015 karena belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban dana desa tahap II 2015.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Manokwari, Roberth Rumbekwan menyatakan kampung yang belum menyerahkan laporan berada di seluruh distrik.

“Setidaknya tiap distrik memiliki satu kampung yang belum melaporkan penggunaan dana desa tahap II 2015,” ungkap Roberth kepada Cahaya Papua di Manokwari belum lama ini.

Menurut Roberth, kepala distrik di tiap kampung tidak berani menempuh kebijakan untuk mencairkan dana desa sebelum memegang laporan pertanggungjawaban.

“Yang berhak mengeluarkan rekomendasi itu kepala distrik setelah pengerjaan selesai. Mereka juga akan memantau dan menerima laporan sebelum menggeluarkan rekomendasi pencairan,” ucapnya.

Berkaitan dengan keterlambatan laporan, Roberth mendorong para kepala kampung untuk tertib menggunakan dana desa dan segera menyampaikan laporan agar pencairan berjalan lancar.

Terlepas dari ia mendorong kampung lainnya, sekitar 85 persen, yang telah mendapat dana desa tahap III tahun 2015 untuk segera menggunakan dan menyampaikan laporan karena dana desa tahap I 2016 akan dicairkan pada Maret.

“Sesuai dengan peraturan menteri desa, tahun 2016 hanya akan dua tahapan pencairan, yakni pada bulan Maret dan Oktober,” kata Roberth.

Roberth menegaskan untuk mencairkan dana desa tahap I 2016, laporan dana desa tahap III 2015 harus sudah masuk ditangan pemerintah distrik.

“Jika belum menyerahkan laporan penggunaan dana desa tahun 2015 tahap III maka dipastikan yang bersangkutan belum bisa menerima dana desa tahap I 2016,” katanya.

Tahun 2015 lalu, kabupaten Manokwari mengelola dana desa sebesar kurang lebih lebih 44 miliar yang diperuntukkan bagi 164 kampung.| ADITH SETYAWAN

One comment

  1. saeful lukman hakim

    saya minta contoh forman spj dana desa tahap III

Tinggalkan Balasan