ilustrasi

Disnaker Dorong Program Sosialisasi HIV/AIDS untuk Buruh

MANOKWARI, Cahayapapua.com–Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan (Hubin Wasnaker) Dinas Kependudukan, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Papua Barat tahun ini mendapat kucuran anggaran kurang lebih 5,8 milyar rupiah dari APBN dan APBD.

Anggaran tersebut, akan digunakan untuk membiayai kegiatan yang difokuskan pada sosialisasi, pemeriksaan dan pengawasan

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Tenaga Kerja, Ermawati Siregar, SH, MH mengatakan sejumlah kegiatan penting yang akan dilakukan pihaknya diantaranya, program kegiatan perlindungan tenaga kerja dan sistem pengawasan ketenagakerjaan. Program ini disokong anggaran sebesar Rp. 1,5 milyar.

Kegiatan yang masuk dalam program itu meliputi penyelidikan tindak pidana ketenagakerjaan, sosialisasi norma K3, sosialisasi HIV/AIDS di tempat kerja, serta pemeriksaan kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Adapun anggaran yang dialokasikan dari APBD sebesar Rp. 150 juta. Akan difokuskan untuk membiayai operasional pemeriksaan ke perusahaan. “Kami alokasikan untuk di 13 kabupaten/kota se Papua Barat. Sebagaian besar anggaran kita luncurkan ke daerah untuk melakukan pemeriksaan,” katanya.

Adapun program pengembangan hubungan industrial dan peningkatakan jaminan sosial tenaga kerja akan dibiayai oleh pemerintah pusat lewat APBN dengan total anggarannya mencapai Rp.3,7 milyar. Program ini juga disokong oleh APBD sebesar Rp. 500 juta, yang didalamnya termasuk untuk penetapan UMP tahun 2016.

“Kalau hubungan Industrial programnya mengarah kepada pelatihan dan sosialisasi. Pelatihan teknis negoisasi tingkat kabupaten dan kota, peningkatan kapasitas serikat pekerja/buruh, dan bimtek pengupahan,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain itu Bidang Hubin Wasnaker juga akan melakukan pelatihan strata negeri. Diantaranya, pencegahaan perselisihan, penyelesaian kasus, pembuatan peraturan perusahaan, pembuatan sosialisasi ketenagaakerjaan, BPJS tenaga kerja dan lainnya. |ARIF TRIYANTO

Tinggalkan Balasan