Sosialisasi Penanggulangan Terorisme

TNI AD dapat Materi Program Penanggulangan Teroris

SORONG, Cahayapapua.comAcara sosialisasi hasil rapat koordinasi program Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme tahun 2016 kepada Prajurit dan PNS TNI AD di wilayah Korem 171/PVT, di Kota Sorong, Senin (7/3/2016).

Materi tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Teritorial Korem 171/PVT Kolonel Inf Ali Aminudin yang dihadiri oleh para Kasi Korem 171/PVT, para Dansat dan Ka Balak Aju jajaran Korem 171/PVT.

“Kegiatan ini adalah untuk menjelaskan bahwa pencegahan penyebaran paham dan aksi kelompok radikal terorisme melalui program deradikalisasi tidak bisa hanya dilakukan oleh satu lembaga semata, melainkan diperlukan sinergi antar lembaga pemerintah dan kelompok masyarakat.

Program deradikalisasi secara terpadu tidak hanya berhenti ketika para narapidana kasus terorisme tersebut keluar dari lembaga pemasyarakatan (Lapas), melainkan justru saat mereka sudah keluar dari lapas dan berbaur dengan masyarakat,” papar Ali Aminudin.

Sosialisasi ini juga memberikan pengetahuan bagi prajurit dan PNS Korem 171/PVT bahwa upaya mengurangi ideologi radikal terorisme menjadi tidak radikal adalah dengan pendekatan melalui agama dan ipoleksosbudhankam bagi orang yang terpengaruh oleh keyakinan radikal terorisme.

Perubahan pikiran tersebut untuk memberikan keyakinan seseorang agar tidak memiliki pemikiran radikal terorisme lagi. Sosialisasi ini dilakukan juga untuk kegiatan pembekalan strategi pencegahan terorisme, strategi komunikasi, pola perlakukan dan pembinaan aparat komando kewilayahan dalam hal ini para Babinsa dipelosok desa kepada warga masyarakat yang sedang dan selesai menjalani hukuman karena terlibat kasus terorisme. |NASIR

Tinggalkan Balasan