Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo.

Pembangunan Rumah Masyarakat dengan Dana Desa

MANOKWARI, Cahayapapua.com– Wakil Bupati Kabupaten Manokwari, Edi Budoyo menilai banyaknya kucuran dana desa untuk Kabupaten Manokwari tahun 2016 kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh tiap kampungnya.

Dimana program prioritas tiap kampung harus bisa menjadi program unggulan, sehingga pembangunan di Kampung-kampung dapat berjalan seiring dengan pembangunan di kota.

Selain itu, terkait dengan aturan larangan pembangunan rumah tinggal menunggunakan dana desa, mantan Penjabat Bupati Kabupaten Manokwari Selatan ini mengatakan, hal tersebut bisa saja dilakukan asalkan, terlebih dahulu di musyawarakan bersama, baik ditingkat kampung atau desanya masing-masing.

“Memang pada saat tahun kemarin tidak dibenarkan untuk membangun rumah masyarakat, tetapi ketika saya mengikuti evaluasi dana desa di Jakarta, ada usulan supaya dana desa juga di perbolehkan untuk membangun rumah masyarakat,”jelasnya.

Dikatakan, hal tersebut dilakukan, agar pada saat pemeriksaan oleh auditor, setiap kampung dapat menjelaskan kebutuhan masyarakat akan pembangunan Rumah Masyarakat dengan menggunakan Dana Desa.

Sebelumnya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kabupaten Manokwari, Roberth Rumbekwan mengatakan, kebutuhan akan memiliki rumah tinggal masyarakat membuat ada beberapa kampung yang terpaksa membangun rumah tinggalnya dengan menggunakan dana desa.

Namun jika dilihat, hal tersebut telah menyalahi Aturan Penggunaan Dana Desa seperti yang diperuntukannya, dimana Penggunaan Dana Desa seharusnya terpusat pada program yang dapat menyetuh langsung dengan masyarakat seperti pembangunan saluran air bersih, perbaikan jalan kampung drainasse, beasiswa bagi murid-murid di Kampung serta beberapa Pelayanan Kesehatan dan juga memperhatikan beberapa Organisasi di kampung tersebut.

Mengingat dalam membangun Rumah Masyarakat, terdapat Kementrian tersendiri yang khusus menangani permasalaha tersebut, sehingga dana Desa yang dikucurkan sebaiknya digunakan untuk program-program pembangunan di Kampung. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan