Gerhana Matahari Total. (news.liputan6.com)

Gerhana Matahari, Umat Muslim Diimbau Sholat Sunah

MANOKWARI, Cahayapapua.com Umat muslim di wilayah Provinsi Papua Barat, diimbau untuk melaksanakan sholat sunah pada gerhana matahari total yang akan terjadi pada Rabu (9/3/2016) besok.

Kepala Bidang Urusan Haji dan Bimas Islam Kementerian Agama Kantor Wilayah Papua Barat, Husen Alhamid di Manokwari, Senin (7/3/2016), mengatakan, gerhana baik matahari maupun bulan merupakan fenomena alam.

Menurutnya, aktivitas rotasi bulan dan matahari yang menimbulkan terjadinya gerhana ini adalah bentuk keagungan Tuhan. Untuk itu, seluruh warga muslim untuk meningkatkan rasa syukur dan memperbanyak istigfar.

Ia berharap fenomena ini tidak ditanggapi dengan cara yang salah, serta membuat warga muslim berbuat kufur dan syirik. “Saya berharap seluruh umat muslim berbondong-bondong melaksanakan sholat sunat gerhana. Kita berdoa, agar fenomena ini bukan sebagai pertanda buruk, sebagai umat muslim mari kita kembali semuanya kepada Allah,” katanya.

Menyikapi peristiwa gerhana matahani, Kementerian agama sejak 22 Februari 2016, telah mengeluarkan surat edaran berupa seruan sholat gerhana serta melampirkan tatacara sholat gerhana.

Surat tersebut, lanjutnya, sudah dikirim juga ke seluruh kabupaten/kota di Papua Barat.

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Denny Putiray mengatakan Papua Barat akan mengalami durasi waktu gerhana yang cukup panjang dengan rata-wata 2 jam 49 menit.

Dari seluruh wilayah Papua Barat, ia memprediksi, Manokwari akan mengalami durasi waktu lebih lama yakni selama 2 jam 52 menit 21, 5 detik.

Pasalnya, Papua Barat tidak akan mengalami gerhana total, namun hanya sebagian. Meskipun demikian, warga diminta tidak melihat matahari secara langsung, sebab hal itu dapat menimbulkan kebutaan.

“Papua Barat mengalami gerhana matahari sebagian di daerah Manokwari ( 0.95),Waisai (0,99), Kaimana (0,82) derajat celsius,” kata Denny.

Menurut Denny, gerhana matahari di Manokwari akan terjadi sekitar pukul 10:00 WIT pagi.|ARIF TRIYANTO|

EDY MUSAHIDIN

Tinggalkan Balasan