Beberapa Kapal Ikan PT. Alfa Kurnia yang dijual Pasca Moratorium Perikanan. (Tabloidjubi.com)

Alfa Kurnia PHK 218 Karyawan Pasca Moratorium Perikanan

SORONG, Cahayapapua.com — Pasca pemberlakuan moratorium perikanan bagi perusahan asing yang beroperasi di Indonesia, PT. Alfa Kurnia yang beroperasi di bidang kelautan dan perikanan khususnya penangkapan udang  di wilayah Papua Barat, yang berkantor di Kota Sorong terpaksa merumahkan 218 karyawannya yang sudah mengabdi puluhan tahun.

Pimpinan PT. Alfa Kurnia Cabang Sorong Surpiyanto mengatakan seluruh karyawannya tersebut sudah dirumahkan sejak Oktober, atau bertepatan dengan masa berkakhirnya moratorium tersebut.

“Semua karyawan sudah kami PHK karena perusahaan kami sudah tidak beroperasi lagi, “ kata Supriyanto kepada Cahaya Papua di Kota Sorong, Minggu, (20/3/2016).

Supriyanto mengatakan, pemutusan hubungan kerja disertai dengan pembayaran pesangon kepada masing-masing karyawan dihitung masa kerja. Pesangon untuk meringankan beban perusahaan milik Korea ini agar tidak ada masalah dikemudian hari “Kami PHK dan ada pesangon bagi tiap karyawan tergantung masa kerja selama ini, “ ujarnya.

Bekas karyawan PT. Alfa Kurnia, Merlin saat dijumpai di rumahnya mengaku kesulitan mendapatkan pekerjaan tambahan setelah di PHK oleh perusahan.

“Saya harap perhatian pemerintah atas nasib ratusan karyawan yang saat ini di rumahkan. Perusahan sudah tutup jelas kami juga sudah tidak punya penghasilan, pemerintah seharusnya mencari solusi, “ harapnya. |JOSEP TITIR

Tinggalkan Balasan