Tim Mansel Sehat yang siap diterjunkan ke tiga distrik terluar yang ada di Kabupaten Mansel

13 Orang dalam Satu Kampung di Mansel Menderita Kusta

MANSEL, Cahayapapua.com— Wilayah Oransbari di Manokwari Selatan terdeteksi memiliki penderita kusta kurang lebih 20 orang. 13 diantaranya merupakan penderita baru, sementara sisahnya merupakan pasien yang sudah ditangani kurang lebih 8 bulan lalu.

Hal ini diungkapkan Pengelolah Program Kusta Puskesmas Oransbari, Sateus Demhi kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (30/1).

“Yang satu kampung ini kita ketemukan saat melakukan observasi bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi pada bulan Desember lalu, kalau yang lainnya memang sudah merupakan pasien yang sudah kami tangani sejak lama, ada yang sudah 8 bulan kami tangani dan sudah memasuki tahap pemulihan,” jelasnya.

Sateus mengaku hingga saat ini pihaknya baru melakukan observasi secara menyeluruh untuk satu kampung, meskipun pasien yang saat ini sedang ditangani tidak hanya berdomisili di satu kampung saja.

“Kita belum melakukan pemeriksan secara menyeluruh untuk Distrik Oransbari, kita hanya pantau saja bilamana ada yang datang berobat, yang dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh baru satu kampung tadi yang mana kita temukan 13 penderita,” jelasnya lagi.

Sateus menyampaikan bahwa ke 13 orang yang baru terdeteksi ini ada yang merupakan anak-anak dan ada orang dewasa. Kesemuanya sudah ditangani dan saat ini dalam proses pengobatan.

“Pertama kita berikan sosialisasi di puskesmas, termasuk pemberian obat, minum pertama kami dampingi dan selanjutnya kami berikan obat untuk minum di rumah, secara berkala akan kami kontrol terus terutama untuk kebutuhan obat mereka,” tambahnya.

Sateus menambahkan, untuk penyakit kusta sendiri sudah sejak lama ada di Oransbari, hanya saja jumlah penderitanya tidak sebanyak yang ada saat ini.

“Kalau tidak salah pada tahun 2008 sudah ada, cuma hanya berapa saja, kalau sekarang yang kami tangani sudah kurang lebih 20 orang,” ujarnya. (BM/ACM)

Tinggalkan Balasan