ilustrasi Alokasi Dana Desa

Dana Desa Tahap Satu di Bintuni Belum Bisa Dicairkan

BINTUNI, Cahayapapua.com—- Dana desa tahun 2016 Teluk Bintuni yang berjumlah kurang lebih Rp 73 miliar, masih mengendap di rekening bank Badan Keuangan dan Aset Daerah. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni, Lince Idorway, SH, MM mengatakan, dana desa tahap satu belum dapat dicairkan, sebab pencairannya harus ditandatangani oleh bupati devinitif.

“Pencairan tahap satu masih menunggu bupati devinitif, karena Perbup-nya nanti ditandatangani olehnya.Tanpa perbup nggak bisa jalan,” kata Lince Idorway saat ditemui baru – baru ini.

Pemanfaatan dana desa, sebut Lince Idorway, sebesar 80 persen dialokasikan untuk infrastruktur, sisanya yang 20 persen untuk pemberdayaan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Di Teluk Bintuni sekitar 115 kampung dari 24 distrik se Kabupaten Teluk Bintuni yang mendapat dana desa. Nanti pembagian dana desanya ada rumusnya. Pertimbangannya antara lain jumlah penduduk serta geografis atau tingkat kesulitan kampung tersebut. Jadi tidak sama dana yang diterima setiap kampung nantinya,” jelas Lince Idorway.

Ia menambahkan, untuk pencairan tahap satu, dua dan tiga pada tahun 2015 telah selesai 100 persen. “ Meski ada kendala di lapangan, namun semua dana desa tahun 2015 dapat disalurkan ke 115 kampung,” ujarnya. (ART)

Tinggalkan Balasan