Para Kepala Kampung, Bamuskam dan Aparatur Kampung se Distrik Rasiei Mengikuti Sosialisasi Penyaluran Dana Desa tahun 2016 di Aula Distrik Rasie Waktu Lalu.

Kampung Manopi Punya Dua Kepala Kampung Sejak 2013

WASIOR, Cahayapapua.com—- Setidaknya dalam 3 tahun terakhir kampung Manopi memiliki dua orang kepala kampung. Dualisme ini muncul semenjak dilakukan pemilihan kepala kampung pada 2013.

Masyarakat setempat memilih Frans Saba sebagai kepala kampung baru menggantikan David Auri. Namun sejak terpilih hingga sekarang ini Frans Saba belum juga dilantik. Situasi tersebut tidak saja menimbulkan kebingungan tetapi juga menghambat kinerja pemerintahan kampung serta pelayanan kepada masyarakat.

“Kepala kampung Nanopi sekarang ini masih dijabat oleh 2 kepala kampung. Ini harus diperhatikan. Masyarakat minta agar segera ada pelantikan kepala kampung,”ujar Frans Saba, dalam pertemuan dengan anggota DPRD Teluk Wondama Dapil I dalam rangka reses di kantor kampung Manopi, baru-baru ini.

Nikodemus Marani, warga Manopi juga mendesak agar kepala kampung terpilih segera dilantik guna mengakhiri dualisme yang terjadi. Dia mengaku warga setempat sudah jenuh dengan situasi pemerintahan kampung yang menjadi tidak menentu.

“Masyarakat sudah jenuh karena sudah terlalu lama. Dari tahun 2013 sampai sekarang banyak urusan yang tidak bisa diselesaikan. Jadi mohon pelantikan kepala kampung Manopi diperjelas,” ujar Niko Marani yang ditemui terpisah.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung Hendrik RicoTetelepta yang dihubungi melalui telepon, Rabu petang menjelaskan pihaknya telah menjadwalkan pelantikan kepala kampung dalam waktu dekat ini. “Rencana minggu depan sudah ada pelantikan sembilan kepala kampung,” demikian Tetelepta melalui pesan singkat.

Terkait itu, ketua DPRD Kuro MR. Matani selaku ketua tim menyatakan pihaknya akan mempertanyakan hal tersebut kepada Bupati  maupun instansi terkait dalam forum resmi. (BRV) 

Tinggalkan Balasan