Gubernur didampingi Bupati Matias Mairuma dan Waket II DPRD buka Rakornis Kesehatan PB.

Gubernur Minta Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

KAIMANA, Cahayapapua.com—- Merujuk pada tema ‘Keluarga Sehat Pilar Utama Bangsa yang Kuat’ dan sub tema ‘Meningkatkan Akses dan Mutu Pelayanan Kesehatan Demi Mewujudkan Keluarga Sehat di Provinsi Papua Barat’ Gubernur Papua Barat Abraham O. Atururi meminta seluruh Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit dengan dukungan Bupati/Walikota se-Papua Barat agar secara bertahap meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sehingga nantinya seluruh unit layanan kesehatan di Provinsi Papua Barat dapat terakreditasi.

Gubernur menyampaikan ini ketika membuka secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Kesehatan Provinsi Papua Barat Tahun 2016 bertempat di Gedung Pertemuan Casuarina Krooy, Rabu (20/4/2016). Dikatakan, untuk memaksimalkan mutu pelayanan kesehatan dibutuhkan semangat, tekad dan niat kerja keras kita semua agar apa yang dicita-citakan dapat terwujud.

Disampaikan, Pemprov Papua Barat akan tetap berkomitmen memberikan dukungan terhadap pembangunan kesehatan kepada seluruh Kabupaten/Kota di wilayah Papua Barat. Saat ini lanjut Gubernur, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat sedang mempersiapkan hadirnya sebuah Rumah Sakit Umum Daerah yang nanti diharapkan menjadi rumah sakit rujukan provinsi kelas B. Selain itu Pemerintah Provinsi Papua Barat juga masih melanjutkan dukungan pembiayaan rujukan pelayanan kesehatan perorangan bagi Orang Asli Papua. Dukungan lainnya juga akan tetap diberikan sesuai prioritas dan kewenangan serta kemampuan keuangan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Lebih lanjut Gubernur berharap melalui Rakornis Bidang Kesehatan Tahun 2016, seluruh pemangku peran bidang kesehatan dapat melakukan sinergitas dan sinkronisasi program dan sumber daya kesehatan antara provinsi dan kabupaten/kota maupun antara lembaga pemerintah dengan mitra pembangunan lainnya. Selain itu melakukan koordinasi perencanaan dan penganggaran program kesehatan secara harmonis melalui mekanisme yang telah ada misalnya, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), melakukan upaya-upaya nyata untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan baik pelayanan primer maupun pelayanan rujukan serta memastikan akuntabilitas kinerja dan keuangan pada program-program kesehatan yang dilaksanakan.

“Dalam melaksanakan pembangunan kesehatan di daerah ini kita sudah berada di jalur yang tepat, namun apa yang dicapai belum cukup karena kita belum berhasil mengangkat derajat kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu kita perlu bekerja lebih keras, terukur dan lebih cepat lagi. Harapan saya Rakornis ini menghasilkan keluaran yang konkrit dan strategis yang merupakan komitmen kita bersama untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di Provinsi Papua Barat sebagaimana semboyan Kabupaten Kaimana ‘It Ftag Esu It Rarum Esu yang berarti Satu Hati Satu Tujuan,” pungkas Gubernur dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran kesehatan yang berada di halaman gedung pertemuan. (ISA)

Tinggalkan Balasan