Gubernur Bram diantara warga ikut memeriksa kesehatan pada Bakti Sosial Rakornis.

Warga Berjubel Periksa Kolesterol

KAIMANA, Cahayapapua.com—– Pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Kesehatan Provinsi Papua Barat yang digelar sehari di Kaimana Rabu (20/4/2016) kemarin membawa berkat bagi masyarakat Kota Kaimana. Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat selaku penyelenggara kegiatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana mengadakan pemeriksaan dan pengobatan gratis terhadap tiga jenis penyakit asam urat, kolesterol dan gula darah.

Pemeriksaan gratis untuk tiga jenis penyakit ini berlangsung di Stand Pameran Kesehatan Depan Gedung Pertemuan Casuarina Krooy. Puluhan hingga ratusan warga termasuk Gubernur Papua Barat ikut ambil bagian dalam pengobatan ini. Petugas kesehatan yang memberikan pelayanan pada kegiatan ini selain didatangkan dari Manokwari juga sebagian merupakan petugas kesehatan dari RSUD Kaimana.

Selain pemeriksaan kesehatan gratis, warga yang berkunjung termasuk peserta Rakornis juga disuguhi pameran produk kesehatan dari sejumlah kabupaten/kota peserta Rakornis dan juga produk khas Kaimana yang ditampilkan para pengrajin Kota Kaimana. Diantaranya; produk anyaman piring rotan dan sejenisnya, produk makanan dari bahan baku ikan serta lainnya. Sementara untuk stand pameran kesehatan, yang paling menyita perhatian pengunjung adalah stand kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Fakfak.

Kabupaten Teluk Bintuni dalam pameran ini selain menampilkan sejumlah kemajuan bidang kesehatan, juga memperkenalkan bangunan RSUD berkonstruksi baja yang kokoh dan megah. Sementara stand pameran kesehatan Kabupaten Fakfak, menampilkan perangkat Incinerator (alat pemusnahan sampah medis) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kondisi daerah.

Gubernur dalam kegiatan ini berkesempatan mengunjungi seluruh stand. Selain berdialog dengan para penjaga stand, Gubernur yang disampingi Bupati Kaimana Matias Mairuma, Kadis Kesehatan PB Otto Parorongan dan lainnya juga berkenan mencicipi produk makanan khas Kaimana di beberapa stand. (ISA)

Tinggalkan Balasan